Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kata Presiden Trump soal UFO?

Kompas.com - 02/11/2020, 16:45 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com  - Pada akhir Oktober kemarin, orang-orang sempat percaya bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) akan membuat akhir dari 'kejutan Oktober' jelang pemilu presiden, yakni tentang UFO dan alien.

Presiden Trump sempat mengatakan pada sebuah wawancara di awal Oktober, tepatnya Minggu (11/10/2020) bahwa dia berencana melihat lebih jauh ke intelijen AS soal keberadaan UFO.

Pembawa acara Fox News Maria Bartiromo bertanya kepada presiden Trump selama acara "Sunday Morning Futures" tentang informasi dari Departemen Pertahanan bahwa Pentagon meluncurkan satuan tugas demi menyelidiki penampakan benda terbang tak dikenal pada bulan Agustus.

Baca juga: Banyak Penampakan UFO, Jepang Buat Perintah Baru untuk Pilot Militer

Kelompok itu diberi nama Unidentified Aerial Phenomena Task Force (UAPTF). Penyiar TV Bartiromo bertanya, "Pak Presiden, sebagai akhir perbincangan kita, apakah UFO itu ada?"

Trump menjawab, "Saya akan cek soal itu." Dia menambahkan, "Maksud saya, saya pernah dengar tentang itu. Saya dengar itu 2 hari lalu jadi saya akan cek soal itu. Saya akan pantau baik-baik soal itu."

Ada pun tentang UAPTF, Trump menjelaskan bahwa satgas itu adalah kelompok militer yang sebelumnya belum pernah dibuat.

Baca juga: Selidiki UFO, Pentagon Buat Satgas Baru di Angkatan Laut AS

"Kita sekarang telah menciptakan (sebuah kelompok) militer, yang belum pernah kita punya sebelumnya dalam hal peralatannya. Peralatan yang kita miliki, senjata yang kita miliki, mudah-mudahan saya berharap pada Tuhan, kita tidak perlu menggunakannya."

"Rusia, China, mereka semua iri dengan apa yang kita miliki," tambah Trump. "Semua dibangun di AS. Kita telah membangunnya di AS dan membangun kembali (dengan mengeluarkan dana) 2,5 triliun dollar AS."

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Presiden AS ke-39 Jimmy Carter Resmi Ajukan Laporan Penampakan UFO

Apa pandangan Trump soal UFO?

Dalam sebuah wawancara dengan putranya, Donald John Trump Jr, presiden Trump secara implisit mengatakan bahwa dia telah melihat beberapa "hal menarik" tentang penampakan UFO yang diduga terkenal dan jatuh di Roswell, New Mexico pada tahun 1947.

Pejabat Departemen Pertahanan AS mengklaim obyek yang jatuh adalah balon cuaca atau balon sounding, namun penjelasan itu tidak menghalangi para penggemar UFO untuk memperlakukan kota dan wilayah itu sebagai semacam situs ziarah.

Kota itu kemudian menjadi rumah bagi Museum dan Pusat Penelitian UFO Internasional serta berbagai museum dan bisnis lainnya yang berfokus pada UFO.

Pada akhirnya, militer AS mengakui bahwa reruntuhan yang dikira UFO itu sebagai bagian dari proyek atom yang sangat rahasia.

Baca juga: Eks Pilot AL AS Klaim Bertemu UFO dan Ditantang Perang pada 2004

Sementara itu menurut Haven Orecchio-Egresitz dari Business Insider, pada bulan April, Pentagon mendeklasifikasi adanya 3 video 'fenomena udara tak teridentifikasi'.

Bulan berikutnya, "Angkatan Laut merilis beberapa laporan soal insiden dari pertemuan dengan benda terbang tak dikenal (UFO), terminologi yang umum untuk setiap aset kedirgantaraan yang tak bisa diidentifikasi, daripada mengatakan sebagai obyek udara aktual yang dikemudikan oleh makhluk luar angkasa."

Baca juga: Pohon Tumbang Misterius di Hutan Inggris, Diduga Bekas UFO Jatuh

Pada Juni 2019, Trump juga pernah bersikap skeptis ketika ditanya soal UFO.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com