Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS akan Cari "Cara Baru" Jalin Kerja sama dengan Indonesia di Laut China Selatan

Kompas.com - 29/10/2020, 14:22 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Al Jazeera

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, mengatakan pada Kamis (29/10/2020) bahwa negaranya akan menemukan cara baru untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam merespons langkah China di Laut Chiina Selatan.

Sementara ini, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada Kamis (29/10/2020), Pompeo mengatakan menghormati upaya pemerintah Indonesia untuk melindungi perairan negaranya sendiri dalam melawan klaim "tidak sah" China atas teritorial Indonesia.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan bagian dari tur 5 negaranya di Asia, di mana ia berusaha memperkuat hubungan strategis dan ekonomi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China.

Dalam konferensi bersama dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, Pompeo memuji "tindakan tegas" pemerintah Indonesia untuk melindungi kedaulatannya di perairan dekat Kepulauan Natuna, yang diklaim China sebagai wilayahnya.

Pompeo mengatakan klaim China itu "melanggar hukum".

China membuat klaim tentang Laut China Selatan atas dasar sembilan garis putus-putus, penggambaran yang tidak jelas dari peta yang berasal dari era 1940-an.

Pada 2016, di Den Haag menyatakan penggambaran tersebut diputuskan bersifat ilegal.

"Saya berharap dapat bekerja sama (dengan Indonesia) dengan cara-cara baru untuk memastikan keamanan maritim melindungi beberapa rute perdagangan paling sibuk di dunia," ujar Pompeo dalam konferensi pers setelah pertemuannya dengan Retno Marsudi.

Halaman:
Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com