Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Soekarno, Presiden Jokowi Juga Dijadikan Nama Jalan di Luar Negeri

Kompas.com - 20/10/2020, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

ABU DHABI, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo dijadikan nama jalan di Ibu Kota Uni Emirat Arab (UEA), Abu Dhabi.

Peresmian nama jalan President Joko Widodo Street atau Jalan Presiden Joko Widodo diresmikan pada Senin (19/10/2020) pulul 16.45 waktu setempat.

Dilansir dari akun Facebook Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi, peresmian tersebut dilakukan oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office, Syekh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Baca juga: Dijuluki Sparta Kecil, Bagaimana UEA Jadi Kekuatan Besar di Timur Tengah?

Duta Besar RI untuk UEA dan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi juga turut menghadiri kegiatan tersebut sebagai undangan.

Selain itu, beberapa pejabat dari Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality juga turut hadir dalam peresmian nama jalan tersebut.

Penamaan jalan Presiden Joko Widodo ini merupakan bentuk penghormatan Pemerintah UEA kepada Presiden Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral antara RI dan UEA selama ini.

Baca juga: Wanita Inggris Mengaku Diperkosa Menteri UEA di Vila Pulau Pribadi

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik.

Sebelum diresmikan menjadi Jalan Presiden Joko Widodo, jalan tersebut sebelumnya bernama Al Ma’arid Street yang berarti pameran dalam Bahasa Indonesia.

Dubes RI untuk UEA, Husin Bagis, berharap penamaan jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi semakin memperkokoh dan meningkatkan hubungan bilateral RI dan UEA yang semakin erat belakangan ini.

Baca juga: Penerbangan Langsung UEA-Israel Akan Disepakati dalam Waktu Dekat

Penamaan Jalan Presiden Joko Widodo menambah jajaran nama tokoh nasional Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri.

Di Rabat, Maroko, ada nama Jalan Soekarno. Sedangkan di Amsterdam, Belanda, ada nama Jalan Raden Adjeng Kartini.

Masih di Belanda, ada nama Jalan Hatta di jalan pemukiman Zuiderpolder, Kota Haarlem, Belanda.

Baca juga: Liga Arab Yakinkan Normalisasi UEA-Israel Pasti Hentikan Aneksasi Tepi Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com