Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi dan Perusahaan Dunia yang Berkontribusi Menangani Dampak Covid-19

Kompas.com - 22/09/2020, 15:08 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Wired

KOMPAS.com - Di tengah Covid-19 yang mengancam hampir di seluruh dunia, beberapa organisasi, perusahaan dan merek dagang telah ikut memberikan kontribusi untuk membantu mengentaskan dampak virus mematikan ini.

Melansir Wired pada 7 Mei 2020, berikut sebagian organisasi yang telah secara langsung membawa sumber daya ke garis depan, menyumbangkan hasil dan persediaan, atau membantu memprioritaskan pelanggan yang rentan.

Lembaga nonprofit di Garis Depan

Feeding America, memiliki Response Fund untuk Covid-19, yang membantu memastikan bank makanan di seluruh negeri dapat memberi makan kepada mereka yang membutuhkan, termasuk anak-anak yang bergantung pada makanan sekolah untuk dimakan.

Doctors Without Borders, mengirimkan bantuan ke negara-negara yang paling terpukul oleh Covid-19 dan memperkuat pengendalian infeksi virus corona dalam program-programnya yang sudah mapan, serta mempertahankan bantuan yang ada di lebih dari 70 negara yang secara teratur.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengoordinasikan upaya di seluruh dunia untuk menanggapi kasus yang ada dan mencegah penyebaran virus corona baru.

Oxfam America, mengorganisir upaya untuk meningkatkan pengiriman air bersih dan perlengkapan sanitasi bagi para pengungsi serta mereka yang tinggal di lingkungan berisiko tinggi.

World Central Kitchen, menyediakan makanan yang disiapkan oleh koki untuk mereka yang membutuhkan.

Team Rubicon, sebuah perusahaan berbasis veteran yang menyediakan layanan selama bencana alam dan keadaan darurat, telah mengumpulkan tim di seluruh negeri untuk membantu logistik, mengemas serta mendistribusikan makanan, dan bahkan menambah staf hotline.

Vitamin Angels, organisasi nirlaba yang membantu wanita hamil yang kekurangan gizi dan bayi yang berisiko kekurangan gizi.

Baca juga: Naik Pesawat Saat Sakit, Wanita Ini Sebarkan Virus Corona ke 15 Orang

Toko-toko yang membantu lansia

Lansia termasuk orang yang memiliki kekebalan yang rendah untuk dapat melawan penyebaran virus corona.

Selain itu, rentan dalam berkompetisi mendapatkan barang untuk persediaan selama himbauan karantina.

Merespons hal itu, toko-toko di seluruh negeri menawarkan jam belanja khusus untuk manula, dan mereka yang memiliki masalah kesehatan mendasar yang tidak dapat keluar dengan kelompok orang berdekatan selama pandemi virus corona. Berikut di antaranya:

Trader Joe's, buka secara eksklusif untuk manula setiap hari dari jam 9-10 pagi waktu setempat.

Giant Food, dapat memesan 1 jam setiap pagi dari jam 6-7 pagi waktu setempat.

Stop & Shop, buka lebih awal, memberi pelanggan usia 60 tahun ke atas kesempatan untuk berbelanja setiap hari dari jam 6 sampai 7.20 pagi waktu setempat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com