Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Mengaku Menyukai Pemimpin Asing yang "Keras dan Kejam"

Kompas.com - 15/09/2020, 07:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mengakui, pemimpin asing yang "keras dan kejam" merupakan sosok yang membuatnya ingin mendekat.

Dia mengatakannya dalam wawancara dengan jurnalis The Washington Post Bob Woodward, yang kemudian menjadi buku dengan judul Rage.

Woodward memutar rekaman wawancara dengan sang presiden di acara NBC's Today, jelang peluncuran bukunya pada Selasa besok (15/9/2020).

Baca juga: Trump: AS dan Korea Utara Hampir Perang pada 2017

Dalam satu dari 18 wawancara yang dilakoni dengan Woodward, Trump menjelaskan mengapa dia bisa dekat dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Erdogan kini disorot karena membredel kebebasan pers dan memenjarakan puluhan ribu orang sejak aksi kudeta terhadapnya gagal di 2016.

Dilansir AFP Senin (14/9/2020), dia juga mengungkapkan kedekatannya dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Presiden China Xi Jinping.

Kemudian Presiden Rusia Vladimir Putin, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, dan sederet pemimpin asing yang ditengarai melakukan pelanggaran HAM.

"Saya bisa berhubungan baik dengan Erdogan, meski hal itu ditentang sebagian orang karena mereka beranggapan 'dia sangat berbahaya'," ujar dia.

Dalam rekaman bertanggal 22 Januari, presiden dari Partai Republik tersebut mengatakan dia menyukai tipe pemimpin yang demikian.

"Saya bisa mengatakan kepada Anda mengenai relasi saya, semakin keras dan kejam orang itu, semakin baik saya berhubungan," kata dia.

Sang presiden yang dilaporkan menjaga jarak dengan sekutunya di NATO itu mengaku tidak tahu mengenai alasan ketertarikannya itu.

"Anda yang mungkin bisa menjelaskannya suatu saat, Ok? Dimulai dari mengapa saya bisa suka atau tidak kepada mereka," paparnya.

Baca juga: Merasa Berhak, Trump Bakal Ajukan Masa Jabatan 3 Periode

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com