Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jacob Blake Muncul untuk Pertama Kalinya sejak Ditembak hingga 7 Kali

Kompas.com - 05/09/2020, 06:06 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

KENOSHA, KOMPAS.com - Jacob Blake, pria kulit hitam yang ditembak hingga tujuh kali oleh polisi, muncul untuk pertama kalinya ke hadapan publik.

Dalam persidangan yang digelar via Zoom dari ranjang rumah sakit, Blake menolak dakwaan yang dijeratkan kepadanya sebelum dia ditembak.

Dakwaan itu adalah masuk ke wilayah orang lain secara ilegal, penyerangan seksual tingkat tiga, dan upaya melawan hukum.

Baca juga: Kunjungi Kenosha, Joe Biden Temui Keluarga Jacob Blake yang Ditembak hingga 7 Kali

Dakwaan itu berdasarkan keterangan mantan pacarnya, yang mengaku bahwa Jacob Blake masuk ke rumahnya tanpa izin pada 3 Mei lalu.

Blake kemudian dilaporkan berusaha menyerang secara seksual sang mantan pacar, sebelum mencuri mobil serta kartu kreditnya.

Pernyataan bahwa dia menolak semua tuduhan dilayangkan oleh pengacaranya, yang juga ikut dalam persidangan secara daring itu.

Dilansir Sky News Jumat (4/9/2020), pria 29 tahun itu muncul sambil duduk di ranjang rumah sakit, mengenakan kemeja biru dan dasi kuning.

Dia hanya mendapatkan kesempatan berbicara untuk mengonfirmasi bahwa dia memahami proses persidangan, dengan dia tak mengajukan pertanyaan pada hakim.

Berdasarkan pengacaranya, Blake bekerja sebagai pelukis dan tidak mempunyai catatan kejahatan di negara mana pun di Amerika Serikat (AS).

Dia dilaporkan lumpuh di tubuh bagian bawah setelah ditembak hingga tujuh kali di bagian punggung pada 23 Agustus di Kenosha, Wisconson, oleh polisi.

Baca juga: Trump Kunjungi Kenosha, Kota Tempat Jacob Blake Ditembak hingga 7 Kali

Blake tertembus timah panas ketika dia berjalan ke mobilnya setelah meredakan perkelahian, dengan tiga anaknya menyaksikan horor tersebut.

Insiden yang menimpa dirinya kemudian tersebar di media sosial, memantik unjuk rasa yang berujung kericuhan dengan penegak hukum.

Karena kerusuhan itu berdampak kepada sektor bisnis di sana, Presiden Donald Trump mengirimkan Garda Nasional untuk memulihkan ketertiban.

Trump, begitu juga dengan calon rivalnya Joe Biden, sama-sama mengunjungi Kenosha pada pekan ini dengan membawa agenda berbeda.

Sang presiden berbincang dengan penegak hukum dan pelaku usaha yang terdampak bisnis guna menaksir kerugian akibat aksi protes.

Sementara Joe Biden menemui Blake dan keluarganya, sebelum kemudian berbicara di hadapan komunitas setempat.

Baca juga: Trump Tak Berencana Bertemu Keluarga Jacob Blake Saat Berkunjung ke Kenosha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com