Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perang: Saat Nazi Kena Tipu Armada Abal-abal Ghost Army

Kompas.com - 01/09/2020, 19:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - 23rd Headquarters Special Troops Amerika Serikat (AS) menggunakan siasat tak biasa saat terjun ke medan tempur di Perang Dunia II.

Mereka menggunakan tipu muslihat dari perlengkapan syuting film untuk mengalihkan perhatian musuh, dan ternyata upayanya berhasil!

Para anggota pasukan itu bukan sekelompok pasukan komando elite, tapi ahli ilusi yang direkrut dari sekolah seni terkemuka AS.

Baca juga: Kisah Perang: Derita Tiada Tara Hibakusha, Penyintas Bom Atom Hiroshima-Nagasaki

Menurut laporan dari The Atlantic pada 22 Mei 2013, 23rd Headquarters Special Troops memang didesain untuk mengalihkan perhatian musuh.

Diceritakan History pada 29 Agustus 2018, unit yang dinamakan Ghost Army ini juga memberikan arti baru pada "seni perang".

Mereka tidak bertempur menggunakan senjata, tapi uniknya berperang dengan kreativitasnya.

Total 1.100 seniman, perancang lokasi dan mode, penulis, dan teknisi efek suara melakukan tipu muslihat yang mengalihkan perhatian pasukan Nazi dari operasi yang dilakukan Sekutu.

Cara ini terinspirasi oleh penipuan Inggris di Afrika Utara pada awal perang.

Baca juga: Kisah Perang: Lyudmila Pavlichenko, Sniper Wanita Paling Mematikan Berjuluk Lady Death

Ghost Army berpartisipasi dalam 21 misi di seluruh Eropa dari Juni 1944-Maret 1945.

Dipimpin Ralph Ingersoll mantan redaktur pelaksana majalah New Yorker, Ghost Army membodohi musuh dengan seolah-olah memiliki kendaraan lapis baja yang jauh lebih besar dengan 20.000 tentara.

Pekerjaan mereka dilakukan layaknya produksi film. Desainer kostum membuat seragam palsu, teknisi suara merekam efek suara yang menyerupai serangan tentara.

Sementara itu operator radio memberitakan serangan palsu dari divisi lapis baja.

Lalu salah satu yang paling menyita perhatian adalah armada militer yang berdiri gagah hanya dengan cara ditiup.

Ratusan tank karet, jip, truk, artileri, dan pesawat terbang dipompa dengan kompresor udara, tapi terlihat cukup asli untuk menipu pengintaian udara Nazi.

Baca juga: [KUTIPAN TOKOH DUNIA] Napoleon Bonaparte, Penguasa Eropa dari Perancis

Tampilan laman resmi situs web Ghost Army, untuk mengabadikan dan mengapresiasi perjuangan mereka di Perang Dunia II.ghostarmylegacyproject.org Tampilan laman resmi situs web Ghost Army, untuk mengabadikan dan mengapresiasi perjuangan mereka di Perang Dunia II.
Para aktor mengenakan lencana palsu di seragam mereka, berjalan-jalan ke bar lokal di dekat garis depan. Mereka dengan percaya diri berbicara tentang manuver yang mengada-ada dan jenderal yang sebenarnya tidak ada.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com