Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Perut Wanita Ini, Dokter Angkat Tumor Ovarium Seberat Remaja 15 Tahun

Kompas.com - 24/08/2020, 21:51 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

NEW DELHI, KOMPAS.com - Dokter di India dilaporkan mengangkat tumor ovarium seberat remaja 15 tahun dari perut seorang perempuan, dan diklaim terbesar di dunia.

Wanita berusia 52 tahun itu terbilang beruntung. Sebab tim medis berhasil mengeluarkan tumor dengan bobot 49 kilogram dari tubuhnya.

Si perempuan yang tidak disebutkan identitasnya itu mengungkapkan, dia menyadari beratnya meningkat. Tapi dia tak tahu itu karena tumor di ovarium.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Beda Tumor Payudara Jinak dan Kanker Payudara

Ketika akhirnya wanita itu bersedia menjalani operasi selama 3,5 jam, tumor itu dilaporkan sudah tumbuh memenuhi 45 persen tubuhnya.

Dr Arun Prasad, yang memimpin pembedahan di rumah sakit swasta Indraprastha Apollo di Delhi mengatakan, dia "terkejut setengah mati" atas benda itu.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini selama 30 tahun pengalaman saya," ujar dia seusai operasi pada Sabtu pekan lalu (22/8/2020).

Dr Prasad menjelaskan, wanita itu bisa dikatakan bernasib baik karena kondisinya mulai pulih setelah operasi selama berjam-jam.

Tumor jinak seberat remaja 15 tahun itu sudah hampir memenuhi setengah tubuhnya, dan bisa saja menyebabkan perutnya meledak jika tak tertangani.

"Bisa saja berakibat fatal"

Sebelum dioperasi, perempuan itu mengaku tidak bisa berjalan karena kakinya bengkak. Dia juga menderita anemia yang membuat hemoglobinnya menurun.

Baca juga: Tumor Payudara Jinak: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Karena itu, dia harus mendapatkan transufi darah sebelum tim medis bisa mengoperasinya untuk mengeluarkan tumor dari ovarium.

Abhishek Tiwari, dokter yang ikut dalam operasi, menerangkan bahwa perempuan itu mujur karena jaringan tersebut tidak bermasalah.

"Jika tidak, satu tekanan saja bisa berakibat fatal pada pasien," paparnya. Dr Prasad memuji timnya karena sudah menampilkan "pekerjaan hebat".

Dia menuturkan mereka sudah emndapatkan pencapaian luar biasa karena berhasil melaksanakan pembedahan terhadap wanita itu.

"Tidak ada ruang untuk kesalahan. Tim ini bisa mengeluarkan upaya terbaik mereka, jika boleh dikatakan," puji Dr Prasad dalam jumpa pers.

Dilansir The Sun Minggu (23/8/2020), pasien itu dilaporkan dipulangkan sehari setelah operasi, di mana dokter juga menyebutnya keajaiban.

Baca juga: Istri Didera Tumor Otak 4 Tahun, Pon Tak Lelah Merawat dan Mencintai: Allah Buka Jalan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com