Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengantin Pria Positif Covid-19, Ratusan Tamu Pernikahan Diminta Karantina

Kompas.com - 20/08/2020, 16:30 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MURCIA, KOMPAS.com - Ratusan tamu pernikahan di tenggara Spanyol diminta menjalani karantina, setelah pengantin pria dilaporkan positif terinfeksi Covid-19.

Otoritas kesehatan di Murcia menyatakan, mereka sudah menginstruksikan kepada 170 orang untuk mengarantina diri, dengan sisanya berusaha mereka lacak.

Sebanyak 200 orang tamu menghadiri pernikahan yang digelar di restoran bernama Magna Garden pada Sabtu pekan lalu (15/8/2020).

Baca juga: Pengantin Pria Meninggal Setelah Menikah, 111 Orang Positif Covid-19

Selain mereka yang hadir, sebanyak 20 staf yang dikerahkan saat hari bahagia itu juga diharuskan melakukan isolasi mandiri.

Pasangan pria itu positif Covid-19, setelah dia menjalani pemeriksaan bagi pekerja dan anak di bawah umur di kota tetangga Alguazas.

Dilaporkan Daily Mirror Rabu (19/8/2020), venue pernikahan tersebut kemudian didisinfeksi menggunakan cairan sodium hipoklorit.

Pejabat kesehatan regional Murcia, Manuel Villegas, membenarkan sudah mengeluarkan instruksi agar ratusan hadirin diminta dikarantina.

"Kami tidak tahu apakah mereka bakal terinfeksi virus corona itu sebelum masa inkubasi yang berlangsung selama 14 hari terpenuhi," paparnya.

Sementara dalam rilis resminya, restoran Magna Garden membenarkan bahwa ada salah satu pengantin yang menggunakan tempat mereka menderita Covid-19.

Pihak restoran mendapat pemberitahuan itu pada Selasa (18/8/2020), di mana mereka segera menginformasikannya kepada pemerintah Murcia.

Baca juga: Pengantin Pria Meninggal 2 Hari Setelah Menikah, 95 Tamu Positif Covid-19

"Sebagai pencegahan, kami akan tutup selama 15 hari ke depan. Kami akan memenuhi segala peraturan yang ditetapkan otoritas kesehatan," jelas Magna Garden.

Restoran menjelaskan, sejak mereka buka kembali begitu Spanyol mencabut lockdown, mereka memastikan peraturan kesehatan dalam mencegah wabah dipatuhi.

Dalam penerapan protokol itu, salah satunya adalah tamu diminta kembali ke meja mereka sebagai bagian dari social distancing.

"Kami ingin menekankan bahwa ada hal-hal yang di luar jangkauan kami, dan itu merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari si individu," jelas restoran.

Manajer Event Maria Angeles Herrero kepada media Spanyol mengatakan, dia sudah memerintahkan agar para staf yang bertugas saat itu menjalani isolasi.

Meski begitu, dia memastikan para pegawai mengenakan masker dan menghabiskan waktu tidak lebih dari 15 menit bersama pengantin pria dan perempuan.

Baca juga: Pengantin Pria Meninggal Setelah Menikah, 30 Tamu Pernikahan Positif Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com