Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Diduga dari Kelompok Radikal Sebabkan Rangkaian Kecelakaan di Berlin

Kompas.com - 19/08/2020, 20:07 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com - Seorang pria telah menyebabkan kecelakaan motor beruntun di jalan raya di Berlin, Jerman, melukai 6 orang termasuk 3 orang di antaranya mengalami luka serius. Oleh jaksa, peristiwa itu diduga dilakukan oleh seorang ekstremis yang terafiliasi gerakan radikal.

Melansir media Perancis AFP, petugas polisi Berlin mengatakan pria itu telah menyebabkan 3 rangkaian kecelakaan di Autobahn 100 di distrik Tempelhof-Schoeneberg kota itu sebelum pukul 19:00 waktu setempat pada Selasa malam (18/8/2020), dia juga mengklaim bahwa sebuah kotak di mobilnya berisi "benda berbahaya".

Media lokal melaporkan bahwa pria yang diduga seorang ekstremis itu berusia 30 tahun dan berasal dari Irak. Dia meneriakkan takbir ketika keluar dari mobil Opel Astra hitamnya yang rusak.

"Kemungkinan (itu) serangan ekstremis tidak bisa dikesampingkan," ujar jaksa dalam pernyataannya. "Pelaku menargetkan para pengendara motor secara khusus."

"Pernyataan terdakwa menunjukkan adanya motivasi religius dan indikasi ketidakstabilan psikologis," tambah keterangan itu.

Saat ini, tersangka pelaku telah ditangkap dan akan dibawa ke hadapan hakim dengan tuduhan percobaan pembunuhan.

Seorang pengendara motor termasuk di antara mereka yang terluka menurut keterangan media lokal Jerman.

Baca juga: Diracuni Ekstremis Sayap Kanan, Jerman Berniat Bubarkan Sebagian Pasukan Elite

Slogan religius

Tersangka pelaku sebelumnya telah mengunggah petunjuk di media sosial bahwa dia hendak melakukan serangan, menurut kantor berita DPA.

Dia telah mengunggah foto-foto mobil yang digunakan untuk menyerang di Facebook, bersamaan dengan slogan-slogan berbau keagamaan.

Harian Bild mengutip salah satu pernyataan tersangka pelaku ketika keluar dari mobilnya dan meletakkan sebuah kotak logam di atas atap mobil.

"Tidak ada yang boleh mendekat atau kalian semua akan mati," ujar pria itu.

Kendaraannya terhenti setelah dia menabrak motor. Akan tetapi, ketika petugas polisi membuka kotak itu menggunakan jet air bertekanan tinggi, kotak itu hanya berisi beberapa alat.

Akibat insiden itu, jalan raya ditutup selama beberapa jam, menyebabkan gangguan perjalanan yang signifikan, dan pengemudi yang terjebak kemacetan diminta untuk meninggalkan kendaraan mereka sebagai tindakan pencegahan.

Sampai saat ini penyidik masih belum menemukan hubungan apapun dengan organisasi teroris, sebagaimana diucapkan jaksa penuntut.

Baca juga: Polisi Jerman Tangkap Wanita Anggota ISIS

Serangan kekerasan

Beberapa orang terafiliasi ekstremisme telah melakukan banyak serangan kekerasan di Jerman dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com