Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Corona Harus Diberikan ke 7 Miliar Orang di Dunia, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 16/08/2020, 17:54 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

LONDON, KOMPAS.com - Berbagai tim peneliti di seluruh dunia sedang berusaha mengembangkan vaksin yang efektif melawan Covid-19.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson menyebutnya "usaha bersama paling mendesak seumur hidup kita".

Namun lepas dari sains dan teknologi tinggi untuk menemukan formula yang cocok, bagaimana dengan logistik yang dibutuhkan untuk mengantarkan vaksin kepada tujuh miliar orang di seluruh dunia?

Baca juga: Rusia Mulai Produksi Vaksin Corona Sputnik V

Di Inggris, jantung usaha itu ada di Harwell Science Campus, di bekas pangkalan udara AU Inggris di Oxfordshire.

Tempat itu akan menjadi Pusat Manufaktur dan Inovasi Vaksin Inggris (VMIC), rencana yang dimajukan karena Covid-19.

"Kami benar-benar mempercepat tenggatnya jadi setengahnya. Jadi kalau sebelumnya kami berekspektasi bisa siap pada 2022, sekarang kami berharap (fasilitas) ini bisa online pada 2021," Matthew Duchars, kepala eksekutif VMIC, menjelaskan.

"Seperti memanggang kue"

Duchars belum mengambil liburan musim panas karena ia tahu tempat ini bisa dipilih untuk memproduksi vaksin yang dikembangkan Oxford University. Ia terus berkontak dengan tim di Jenner Institute, tak jauh dari Oxford.

Ia berkata ini tanggung jawab berat.

Baca juga: Jika Vaksin Covid-19 Terbukti Ampuh, AS Akan Berikan Gratis ke Semua Warganya

"Sangatlah penting, tidak hanya bagi negara ini tapi juga dunia, untuk mampu memproduksi vaksin seperti ini dengan cepat dan efektif," ujarnya.

"Analoginya seperti memanggang kue di rumah. Anda bisa berjam-jam mempersiapkan kue yang sempurna, dan sekarang Anda harus keluar dan memanggang 70 juta kue itu dan semuanya harus sempurna, jadi ini tantangan yang cukup berat."

"Cukup berat" adalah deskripsi yang terlalu halus.

Oxford University telah menyiapkan laboratorium sementara untuk mulai memproduksi vaksinnya sekarang, bahkan sebelum mereka tahu hasil uji cobanya.

Pada akhirnya, umat manusia perlu membuat miliaran dosis dari berbagai jenis vaksin Covid-19. Mereka semua harus dimanufaktur, didistribusi, dan diberikan di seluruh dunia.

Aliansi vaksin internasional - Gavi - meminta negara-negara untuk mulai memikirkan distribusi vaksin mulai dari sekarang.

Baca juga: Rusia Tawarkan Vaksin Corona ke AS, Pejabat: Kami Tidak Mau

Uji coba vaksin corona ciptaan Oxford pada manusia, di Afrika Selatan.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Uji coba vaksin corona ciptaan Oxford pada manusia, di Afrika Selatan.
Tapi tidak mudah mendapatkan kerja sama internasional, karena banyak negara kaya sudah melakukan kesepakatan bilateral dengan perusahaan obat untuk memastikan mereka bisa mendapatkan suplai jika formula yang tepat ditemukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com