Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kirim Pesawat Tempur ke Taiwan ketika Delegasi AS Berkunjung

Kompas.com - 10/08/2020, 15:07 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

TAIPEI, KOMPAS.com – Pesawat tempur China secara singkat melintasi garis tengah Selat Taiwan pada Senin (10/8/2020) dan terlacak oleh rudal Taiwan.

Pesawat tersebut muncul ketika Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar berkunjung ke Taiwan.

China menerbangkan pesawat tempur J-11 dan J-10 secara singkat ke sisi Taiwan dari selat tersebut sekitar pukul 09.00 waktu setempat sebagaimana diwartakan Reuters.

Angkatan Udara Taiwan mengatakan kedua pesawat tersebut terbang sebentar ke wilayah teritorial Taiwan sebelum Azar bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Baca juga: Menkes AS: Trump Tawarkan Dukungan Kuat kepada Taiwan

Dua pesawat China itu dilacak oleh rudal anti-pesawat Taiwan yang berbasis di darat dan diusir oleh pesawat Taiwan yang berpatroli.

Taiwan mencatat bahwa China telah melakukan aksi serupa sebelumnya sebanyak dua kali sejak 2016. Pesawat-pesawat China itu melewati batas teritorial di Selat Taiwan.

Dalam kunjungannya tersebut, Azar menyampaikan bahwa Presiden AS Donald Trump menawarkan dukungan yang kuat terhadap Taiwan.

Kedatangan Azar pada Minggu (9/8/2020) merupakan kunjungan tingkat tertinggi Washington sejak pengalihan pengakuan diplomatik ke China pada 1979.

Baca juga: Delegasi AS Mendarat di Taiwan, Kunjungan Level Tertinggi sejak 1979

Rencana kunjungan itu sendiri sudah dikecam oleh China jauh hari sebelum benar-benar terealisasi.

China juga berjanji akan memberikan balasan jika AS benar-benar mengirim delegasinya ke Taiwan. Namun Negeri “Panda” tidak memerinci balasan yang dimaksudkan.

Washington telah memutuskan hubungan resmi dengan Taipei pada 1979 sebagai bentuk dukungan terhadap Beijing.

Namun baru-baru ini, Pemerintahan Trump telah memprioritaskan penguatan dukungan Taiwan dan meningkatkan penjualan senjata.

Baca juga: Walau Kalah Kuat, Taiwan Bisa Menang Perang Lawan China dengan Cara Ini

"Merupakan sebuah kehormatan berada di sini untuk menyampaikan pesan persahabatan dan dukungan yang kuat dari Presiden Trump ke Taiwan," kata Azar kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Azar berkunjung ke Taiwan dalam rangka memperkuat kerja sama di sektor ekonomi dan kesehatan masyarakat.

AS, yang memiliki lebih banyak kasus virus corona dan kematian tertinggi di dunia, telah berulang kali bentrok dengan China dan menuduh Beijing kurang transparan.

Tsai mengatakan kepada Azar bahwa kunjungannya merupakan langkah yang maju dan besar dalam kolaborasi antara AS dan Taiwan dalam memerangi pandemi virus corona.

Baca juga: Peluncur Roket China Bisa Menghancurkan Seluruh Pangkalan Militer Taiwan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com