Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Lokasi Kejadian Ledakan Besar Lebanon, Presiden Perancis Jadi Sasaran Pelampiasan Emosi Warga

Kompas.com - 07/08/2020, 12:05 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Selang dua hari pasca-ledakan besar di Beirut, Lebanon, Presiden Perancis Emmanuel Macron mengunjungi tempat kejadian perkara dan menjadi sasaran pelampiasan emosi masyarakat Lebanon.

Laporan yang dilansir Associated Press pada Kamis (6/8/2020), bagi banyak masyarakat Lebanon, ledakan besar yang berpusat di pelabuhan Beirut pada Selasa (4/8/2020) itu merupakan pukulan terakhir setelah bertahun-tahun dilanda masalah korupsi dan pengelolaan yang tidak tepat oleh para elite politik yang berkuasa selama beberapa dekade.

Sementara itu, diketahui bahwa Perancis pernah memerintah Lebanon sebagai protektorat dan memelihara hubungan dekatnya hingga saat ini.

Baca juga: Beberapa Negara yang Siap Tanggap Kirimkan Bantuan ke Lebanon

Macron berniat mengunjungi pelabuhan yang hancur dan meninjau kerusakan di sekitar pelabuhan yang dipenuhi dengan bangunan yang rusak parah.

Saat Macron tiba di ibu kota, banyak warga Beirut mengerumuninya dan menyalahkannya atas ledakan dahsyat yang terjadi.

Mereka juga meneriakkan "Revolusi!" dan "Rakyat ingin menjatuhkan rezim!", slogan yang digunakan pada protes massal tahun lalu yang ditujukan kepada pemerintahan yang berkuasa.

Macron memberi tahu mereka bahwa dia akan berbicara dengan para pemimpin politik Lebanon.

Baca juga: Segera Mengirim Bantuan Apa Pun yang Dibutuhkan, Diaspora Lebanon: Hati Kita untuk Lebanon

"Saya akan mengusulkan kepada mereka pakta politik baru sore ini," katanya.

Kemudian, ia mengatakan bahwa pada 1 September dirinya akan kembali menyambangi Lebanon.

"Saya akan kembali pada tanggal 1 September dan jika mereka tidak dapat melakukannya, saya akan tetap bertanggung jawab kepada Anda," ujarnya.

Dia juga berjanji bahwa bantuan Perancis akan diberikan dengan transparansi dan "tidak akan jatuh ke tangan koruptor".

Di lokasi berbeda, pemimpin Perancis ini mengatakan, kunjungannya ke Lebanon adalah suatu "kesempatan untuk melakukan dialog yang jujur dan berani dengan kekuatan politik dan institusi Lebanon."

Baca juga: Ledakan Lebanon, Pakar Khawatir 170 Situs Berisi Amonium Nitrat di Australia

Ia menyampaikan bahwa Perancis akan bekerja untuk mengoordinasikan bantuan kepada Lebanon. Lalu, ia juga menyampaikan peringatan bahwa "jika reformasi tidak dilakukan, Lebanon akan terus tenggelam."

Ada janji bantuan internasional yang luas kepada Lebanon, tetapi negara ini sekarang telah terperosok dalam krisis ekonomi yang parah dan menghadapi tantangan yang menakutkan dalam pembangunan kembali.

Tidak jelas seberapa besar dukungan komunitas internasional akan menawarkan pemerintahan yang terkenal korup dan disfungsional.

Baca juga: Eks Kapten Kapal Rhosus yang Bawa 2.750 Ton Amonium Nitrat Kaget Soal Ledakan di Lebanon

Kerugian dari ledakan itu diperkirakan oleh Gubernur Beirut Marwan Abboud antara 10 miliar dollar AS (Rp 146,4 triliun) hingga 15 miliar dollar AS (Rp 219,6 triliun), dan hampir 300.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Ada kemungkinan bencana ledakan besar tersebut juga mempercepat penyebaran infeksi Covid-19, yang saat ini sedang mewabah di hampir seluruh dunia. Lalu, menyebabkan ribuan orang berbondong-bondong membanjiri rumah sakit.

Puluhan ribu orang harus tinggal bersama kerabat dan teman setelah rumah mereka rusak, yang semakin meningkatkan risiko penyebaran virus corona.

Baca juga: Eks Kapten Kapal Rhosus Sebut Ledakan di Pelabuhan Beirut Kesalahan Pemerintah Lebanon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com