Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[BERITA FOTO] Wajah Kehancuran Kota Beirut Pasca Ledakan Masif

Kompas.com - 06/08/2020, 16:54 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Buntut dari ledakan besar di ibu kota Lebanon, Beirut, menunjukkan wajah kota yang hancur tertutup debu dan puing-puing.

Ledakan itu membentuk awan berbentuk jamur ke langit, menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai ribuan lainnya, dengan lebih banyak mayat mungkin masih terkubur di balik reruntuhan.

Ledakan itu mengukir daratan tempat gudang yang meledak terisi air laut, seolah-olah laut telah menggigit pelabuhan dan menelan bangunan di atasnya.

Pada reruntuhan salah satu bangunan yang roboh, tentara Lebanon mencari korban selamat, salah satunya mengangkat kapak tinggi-tinggi di atas kepalanya untuk memotong tumpukan batu yang rusak.

Baca juga: Heroik, Seorang Perawat Selamatkan 3 Bayi dari Ledakan di Lebanon

Di tempat lain, tampak seorang pria ditarik dari reruntuhan dengan tandu saat seorang penyelamat meletakkan tangan di dahinya.

Foto lain juga menunjukkan betapa mengerikannya sebuah ruangan rumah sakit yang rusak akibat ledakan. Ledakan itu memecahkan kaca rumah sakit dan berhambur di seluruh ruangan.

Di dinding kamar rumah sakit itu juga tampak noda berwarna cokelat kemerahan seperti warna darah.

Melansir The Associated Press, berikut ini kami tampilkan 'Wajah Kehancuran Kota Beirut Pasca Ledakan' selengkapnya.

Baca juga: Virus Corona Jadi Penyebab Korban Tewas akibat Ledakan di Lebanon Tidak Tinggi

1. Asap tampak mengepul dari tempat kejadian ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon. Foto ini diambil pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Asap tampak mengepul pasca ledakan besar di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu, 5 Agustus 2020.AP/Hussein Malla Asap tampak mengepul pasca ledakan besar di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu, 5 Agustus 2020.

Baca juga: Ledakan Lebanon, Bagaimana Amonium Nitrat Sampai ke Pelabuhan Beirut?

2. Seorang pria dengan balutan perban tampak berjalan di jalan setelah ledakan besar terjadi di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Seorang pria dengan balutan perban tampak berjalan di jalan setelah ledakan besar terjadi di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.AP/Hassan Ammar Seorang pria dengan balutan perban tampak berjalan di jalan setelah ledakan besar terjadi di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Baca juga: Darah Di Mana-mana, Pengakuan Dokter Unit Darurat Pasca Ledakan Lebanon

3. Sebuah kamar rumah sakit tampak rusak berat setelah ledakan besar terjadi Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Sebuah kamar rumah sakit tampak rusak berat setelah ledakan besar terjadi Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.
AP/Hassan Ammar Sebuah kamar rumah sakit tampak rusak berat setelah ledakan besar terjadi Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Baca juga: Foto Pelabuhan Beirut Lebanon Sebelum dan Sesudah Ledakan

4.  Seorang wanita tampak mengambil foto melalui ponselnya di sebuah gereja yang rusak berat setelah ledakan hebat di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Seorang wanita tampak mengambil foto melalui ponselnya di sebuah gereja yang rusak berat setelah ledakan hebat di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.AP/Hussein Malla Seorang wanita tampak mengambil foto melalui ponselnya di sebuah gereja yang rusak berat setelah ledakan hebat di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Baca juga: Amonium Nitrat Diduga Tak Hanya Jadi Penyebab Ledakan di Beirut, Lebanon

5. Seorang pria tampak membersihkan karpet masjid sehari setelah ledakan di Beirut, Lebanon. Kaca masjid yang pecah akibat ledakan berhamburan di karpet yang biasa dijadikan alas untuk beribadah shalat. Rabu, 5 Agustus 2020.

Seorang pria tampak membersihkan karpet masjid sehari setelah ledakan di Beirut, Lebanon. Ap/Hussein Malla Seorang pria tampak membersihkan karpet masjid sehari setelah ledakan di Beirut, Lebanon.

Baca juga: Dokter di Beirut, Lebanon, Kisahkan Armageddon di Rumah Sakit karena Ledakan

6. Seorang pria selamat dari reruntuhan pasca ledakan hebat di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Seorang pria berhasil diselamatkan dari reruntuhan pasca ledakan di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.AP/Hassan Ammar Seorang pria berhasil diselamatkan dari reruntuhan pasca ledakan di Beirut, Lebanon. Rabu, 5 Agustus 2020.

Baca juga: Langka, Balai Kota Tel Aviv Nyalakan Lampu Membentuk Bendera Lebanon Pasca-Ledakan Besar di Beirut

7. Orang-orang mengevakuasi korban terluka pasca ledakan masif di Beirut, Lebanon. Selasa, 4 Agustus 2020.

Warga Lebanon saling bahu-membahu menolong para korban yang terluka. AP/Hassan Ammar Warga Lebanon saling bahu-membahu menolong para korban yang terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com