Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Lebanon, Raja Salman Perintahkan Segera Kirim Bantuan Kemanusiaan

Kompas.com - 06/08/2020, 11:12 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz memerintahkan agar bantuan kemanusiaan segera dikirim ke Lebanon, menyusul ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Selasa (4/8/2020).

Dilansir Kantor Berita Saudi Press (SPA), pernyataan Raja Salman dikutip oleh Kementerian Luar Negeri kerajaan itu.

"Kemenlu mengumumkan niat pemerintah Saudi untuk memberi bantuan kemanusiaan sesegera mungkin melalui Bantuan Kemanusiaan dan Pusat Bantuan (KS Relief) kepada warga Lebanon yang terdampak insiden ledakan," ujar pernyataan itu.

Baca juga: Video Viral Ledakan Lebanon, Pengantin Wanita Ini Terempas Saat Sesi Foto Pernikahan

KS Relief melalui afiliasinya segera bertindak setelah ledakan terjadi Selasa lalu. Sejumlah lembaga medis, yang dibiayai oleh KS Relief di seluruh wilayah Lebanon, bergegas menyediakan layanan darurat dan ambulans bagi mereka yang terdampak.

Tim ambulans dari Subl Al-Salam Society, afiliasi dari KS Relief, datang dari Lebanon utara ke Beirut untuk membantu mengangkut orang yang terluka ke rumah sakit.

Sebuah tim medis dari Al Amal Medical Center, afiliasi lain dari KS Relief di Arsal, terlibat dalam misi evakuasi medis, menyediakan layanan medis darurat dan layanan perawatan kesehatan di Beirut.

Baca juga: Ledakan Besar Beirut, Lebanon: Kelalaian Penanganan Zat Eksplosif Berbahaya Jadi Dugaan Awal Penyelidikan

Al Amal Medical Center juga mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan kampanye pengumpulan darah untuk memenuhi kebutuhan darurat para korban luka di rumah sakit Beirut.

Pasca ledakan, Arab Saudi menyatakan solidaritasnya terhadap para korban ledakan dan berjanji akan mendukung mereka secara penuh.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa kemarin, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan, "Kerajaan Arab Saudi prihatin menyaksikan ledakan yang terjadi di pelabuhan Beirut hari ini, yang mengakibatkan kematian dan cedera."

Baca juga: Fakta Seputar Amonium Nitrat dalam Ledakan di Beirut, Lebanon

"Kami sampaikan duka mendalam dan simpati kami kepada keluarga korban dan pihak-pihak yang terluka. Kami memohon kiranya Tuhan memaafkan korban meninggal dan memberi kesembuhan bagi yang terluka serta melindungi Lebanon dari segala hal kerusakan,"

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa kerajaan Arab Saudi akan mendukung penuh seluruh warga Lebanon yang terdampak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com