Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Thailand Kewalahan Tangani Monyet Gila Seks yang Menguasai Kota Lopburi

Kompas.com - 29/07/2020, 18:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Daily Mail

LOPBURI, KOMPAS.com - Polisi Thailand mengungkapkan, mereka kini kewalahan menangani para monyet gila seks yang sudah menguasai kota Lopburi.

Karena keberadaan primata jenis makaka itu, para warga dilaporkan menjadi sangat ketakutan dan tidak berani meninggalkan rumah.

Para monyet di kota Lopburi yang biasanya ditoleransi, bahkan dihormati oleh beberapa orang, kini populasinya makin meningkat selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Karena Lockdown, Para Monyet Duduki Kota di Thailand

Kurangnya turis, yang berarti berkurangnya sumber makanan, membuat mereka menjadi agresif, dengan 8.400 ekor kini menguasai kota.

Kepada The New York Times, seorang polisi Thailand mengatakan dia sudah menggunakan ketapel untuk mengusir sekelompok makaka.

Namun seperti dilansir Daily Mail Selasa (28/7/2020), upayanya tak membuahkan hasil. Sebab, para makaka itu kembali lagi.

"Benar-benar tidak ada harapan. Hanya dalam sekejap mata mereka kemudian kembali lagi dengan jumlah yang lebih banyak, bersama bayinya," kata petugas itu.

Penduduk lokal dilaporkan terpaksa meninggalkan perhiasan mereka dan tidak bisa membawa barang yang sifatnya berharga agar tak dicuri.

Kemudian ada warga yang terlalu takut untuk sekadar keluar rumah. Sehingga mereka terpaksa membarikade jendela maupun pintu.

Jumlah makaka yang terus membesar, berlipat ganda dalam tiga tahun terakhir, membuat ide hidup berdampingan bersama manusia dirasa mustahil.

Baca juga: Tragis, 1 Keluarga Tewas Dibunuh Monyet saat Tidur di Luar Rumah

Berawal dari rasa kasihan melihat mereka kelaparan, orang-orang kemudian memberi mereka makanan cepat saji agar tidak mengganggu.

Namun, diyakini makanan itu malah membuat mereka tidak sekadar agresif. Tapi juga gila seks. Sehingga jumlah mereka bertambah banyak.

Sebagai dampak dari makanan yang diberikan, para monyet perkotaan itu dilaporkan massa ototnya menurun. Bahkan ada yang mengalami hipertensi dan penyakit gula.

Kuljira Taechawattanawanna, salah satu warga Lopburi menerangkan, keberadaan makaka itu sudah merusak kotanya, sementara dia merasa seperti terpenjara di rumahnya sendiri.

"Kami seperti tinggal di kurungan dengan para monyet ada di jalanan. Jumlah mereka tak bisa dipercaya. Tempat ini bau sekali terutama saat hujan," jelas Kuljira.

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com