Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelot Korea Utara yang Dicurigai Terinfeksi Covid-19, Tersandung Kasus Pelecehan Seksual

Kompas.com - 28/07/2020, 21:09 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang pembelot Korea Utara yang dicurigai membawa Covid-19 dari Korea Selatan, dilaporkan justru tersandung kasus pelecehan seksual.

Pekan lalu, Korea Utara dikejutkan dengan tertangkapnya seorang pembelot yang kembali ke negara komunis itu. Pria berusia 24 tahun yang telah melarikan diri dari Korea Utara dari 2017.

Korea Selatan telah mengidentifikasi pria itu dengan nama samarannya, Kim, dan mengatakan dia adalah "pelarian" dari Korea Utara yang melintasi perbatasan secara ilegal dengan gejala Covid-19.

Melansir Reuters pada Selasa (28/7/2020), Kim kembali ke Korea Utara dengan tuduhan telah melakukan pelecehan terhadap pembelot wanita di Korea Selatan.

Menurut kepolisian Korea Selatan, ada laporan dari seorang pembelot wanita berusia 20-an yang mengajukan keluhan pada 12 Juni. Ia menuduh Kim melakukan pelecehan seksual di rumahnya.

Baca juga: Kim Jong Un: Karena Senjata Nuklir, Korea Utara Aman dari Perang

Pihak berwenang sempat mewawancarainya sekali pada 21 Juni, dan Kim membantah tuduhan itu.

Penyelidikan kemudian membuahkan hasil ketika salah satu kenalan Kim melaporkan ke polisi pada 19 Juli bahwa ia mengancam korbannya dan berencana melarikan diri ke Korea Utara, kata seorang pejabat polisi setempat.

Surat perintah penangkapan Kim dikeluarkan dua hari kemudian, tetapi menurut media pemerintah Korea Utara, Kim sudah tiba di sana.

Terancam penyelidikan penyerangan seksual, Kim menerobos sistem kontrol perbatasan Korea Selatan berteknologi tinggi dengan merangkak melalui pipa pembuangan dan berenang melintasi Sungai Han ke Utara pada 19 Juli, kata pihak militer Korea Selatan.

Pihak militer Korea Selatan memperkirakan Kim telah menghabiskan beberapa hari di sana sebelum ditangkap.

Baca juga: Tuduh Pembelot Pulang Bawa Covid-19, Korut Salahkan Korsel

Kepala militer Korea Selatan, Park Han-ki mengatakan kepada parlemen pada hari Selasa bahwa pembelot Kim, memiliki ciri-ciri tinggi 163 sentimeter dan berat 54 kilogram.

Dia memotong jalan melalui pagar kawat berduri yang dipasang di ujung pipa yang mengarah ke sungai Han.

Seorang pejabat Seoul mengatakan kepada Reuters, bahwa Kim diyakini telah memiliki persiapan untuk kembali ke Korea Utara, dan diperkirakan dia kemali dengan menggunakan jalan yang sama ketika dia melarikan diri ke Korea Selatan pada 2017 silam.

Pihak berwenang mengatakan, ia mengambil jalur pelarian itu pada awal Juli.

Di Korea Utara perjalanan Kim berakhir di kota Kaesong, sebuah kota perbatasan Korea Utara yang menjadi pabrik dan kantor penghubung antar-Korea yang sekarang tutup.

Baca juga: Pembelot Jadi Kasus Covid-19 Perdana Korea Utara, Ini Kata Korea Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com