Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedutaan Besar RI di Singapura Adakan Program untuk Tarik Investasi Asing di Tengah Pandemi

Kompas.com - 22/07/2020, 19:58 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura mengadakan acara virtual Road to Indonesia Investment Day 2020 pada Rabu (22/7/2020) untuk menarik investasi asing ke Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Acara tersebut adalah kolaborasi antara Kedutaan Besar Indonesia, Kantor perwakilan Bank Indonesia di Singapura, dan Pusat Promosi Investasi Indonesia di Singapura.

Acara yang diikuti hampir 469 peserta dalam secara virtual melalui aplikasi zoom ini, dirancang unik dengan berbagai kegiatan, antara lain berbagi informasi mengenai proyek investasi potensial dan kecocokan bisnis yang mempertemukan para investor dengan pemilik proyek.

Baca juga: Teka-Teki Suksesi PM Singapura Setelah Kemenangan Hampa Partai Berkuasa

Road to Indonesia Investment Day 2020 adalah bagian dari rangkaian acara yang tergabung dalam Indonesia Investment Day 2020 yang dilaksanakan dari Agustus hingga Oktober 2020.

Dalam Indonesia Investment Day 2020 nantinya akan menghadirkan 11 provinsi dan lebih dari 80 proyek investasi yang dikuratori dengan hati-hati dan siap menerima investasi asing.

Proyek-proyek tersebut "siap untuk ditawar" dan bersifat "clean and clear", yaitu memiliki studi kelayakan serta tidak memiliki kendala dalam izin usaha dan lahan.

Baca juga: Walau Kembali Menang Telak Pemilu Singapura, PAP Raih Hasil Terburuk dalam Sejarah

Berdasakan laporan Kedutaan Besar Indonesia di Singapura dalam siaran persnya, menyebutkan bahwa ada peningakatan 30 persen dalam hal jumlah peserta dan proyek yang ditawarkan nantinya.

Ada pun berbagai bidang investasi yang ditawarkan oleh 11 provinsi, meliputi sektor infrastruktur, agrobisnis, dan pariwisata.

Dalam rangkaian Indonesia Investment Day 2020, akan ada 11 webinar yang dilakukan untuk memberikan informasi detail tentang proyek yang ditawarkan oleh setiap provinsi.

Baca juga: Jalan Lintas Perbatasan Malaysia-Singapura Diperkirakan Dibuka Awal Agustus

Dalam webinar tersebut akan ada platform yang menjadi media pertemuan virtual yang akan dilakukan secara bertahap untuk memfasilitasi interaksi investor asing dengan pemilik proyek serta pemerintah provinsi terkait di tengah pandemi, yang bertujuan agar investasi mereka dapat terealisasi di Indonesia.

Kontribusi acara ini terhadap total investasi Singapura di Indonesia dapat dilihat dari realisasinnya pada kuartal I dan II 2020, yang mana menunjukkan investasi Singapura meningkat 58 persen pada kuartal I 2020, dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang hanya sebesar 2,72 miliar dollar AS (Rp 39,8 triliun).

Baca juga: Pasien Covid-19 dan Warga Karantina Dilarang Ikut Pemilu Singapura

Kemudian pada kuartal II 2019 meningkat 14 persen dari periode yang sama pada 2019 yang jumlahnya 1,95 miliar AS (Rp 28,5 triliun).

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura berharap adanya Indonesia Investment Day 2020 dapat menjawab tantangan ekonomi di tengah-tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, dan sebagai upaya peningkatan pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi.

Baca juga: Sambut New Normal, Bioskop Singapura Buka Lagi Mulai 13 Juli dengan Aturan Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com