Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berubah-ubah, Kini Trump Minta Rakyatnya Pakai Masker

Kompas.com - 22/07/2020, 15:47 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan bahwa pandemi virus corona di AS mungkin akan memburuk sebelum menjadi lebih baik.

Hal itu dia katakan saat mengaktifkan kembali briefing pandemi virus corona setelah vakum selama beberapa waktu dengan nada yang lebih tertulis sebagaimana dilansir BBC, Rabu (22/7/2020).

"Sebenarnya aku tidak suka mengatakannya, tapi (kenyataannya) memang begitu,” kata Trump.

Trump juga meminta semua orang AS untuk mengenakan masker. Dia mengatakan, memakai masker akan memiliki efek dan akan menunjukkan patriotisme mereka.

"Kami meminta kepada semua orang bahwa ketika kalian terpaksa tidak bisa social distancing, maka pakailah masker, carilah masker,” kata Trump.

Baca juga: Ketua DPR AS: Jika Kalah Pilpres AS, Trump Akan Dibersihkan dari Gedung Putih

"Entah kalian suka memakai masker atau tidak, masker memiliki dampak, masker akan memiliki dampak, dan kita akan melakukan segala yang kita bisa," sambung Trump.

Trump lalu mengambil masker dari sakunya di ruang rapat, tetapi tidak mengenakannya.

Trump sendiri tidak mengenakan masker dalam briefing tersebut. Sebelumnya, dia juga mengejek orang yang memakai masker sebagai orang yang tidak sehat.

Beberapa waktu lalu, Trump bahkan bersumpah tidak akan mewajibkan warga AS untuk memakai masker sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (18/7/2020).

Hal tersebut dia lontarkan setelah ahli penyakit menular AS, Anthony Fauci, mendesak negara dan pemimpin daerah sebisa mungkin memerintahkan warganya untuk mengenakan masker.

Baca juga: Eks Bintang Porno Mia Khalifa Beri Ancaman ke Presiden Trump

Fauci mengatakan, pemakaian masker sangat penting dan semua orang harus memakainya.

Komentar-komentar Trump tersebut membuat orang dekatnya mendesak untuk mengadopsi pendekatan yang lebih terukur karena jumlah kasus Covid-19 semakin melonjak di AS.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com