Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2020, 17:12 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Gulf Today

ABU DHABI, KOMPAS.com - Sejak diresmikan dua pekan lalu, Arab Space Pioneers atau Pelopor Luar Angkasa Arab telah menarik minat peneliti, penemu, dan talenta kreatif dari seluruh jazirah Arab.

Total ada 37.000 pelamar yang sudah mengirimkan lamarannya ke Arab Space Pioneers selama dua pekan ini sebagaimana dilansir dari Gulf Today, Sabtu (18/7/2020).

Arab Space Pioneers sendiri merupakan program pelatihan khusus ruang angkasa yang diresmikan oleh Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum.

Program tersebut diresmikan sejalan dengan rencana peluncuran wahana penjelajah planet Mars, Hope, yang sedianya diluncurkan pada Juli ini.

Arab Space Pioneers bertujuan membangun keahlian dalam sains dan teknologi luar angkasa bagi bangsa Arab.

Baca juga: Cuaca Buruk, Peluncuran Misi Uni Emirat Arab ke Mars Diundur Jadi 20 Juli

Pendaftaran resmi ditutup dua pekan setelah diresmikan. Anggota komite yang terdiri atas ilmuwan dan peneliti akan secara komprehensif mengevaluasi pelamar berdasarkan kualifikasi dan pencapaian mereka.

Dari jumlah pelamar tersebut, pelamar dari Mesir mendominasi dengan jumlah pelamar 19.391 orang. Diikuti oleh Irak dengan 6.447 pelamar, Aljazair dengan 4.836 pelamar, dan Maroko dengan 3.107 pelamar.

Sementara itu jumlah pelamar dari UEA sebanyak 692 pelamar, Yordania sebanyak 681 pelamar, Palestina dengan 422 pelamar, Suriah dengan 406 pelamar, Tunisia dengan 370 pelamar, dan Arab Saudi dengan 361 pelamar.

Arab Space Pioneers ramai diperbincangkan di media sosial oleh kalangan akademisi di seluruh jazirah Arab.

Ketua Badan Antariksa UEA, Dr. Ahmed Belhoul, mengatakan tanggapan yang luar biasa atas Arab Space Pioneers menegaskan pentingnya inisiatif inovatif semacam itu di kalangan bangsa Arab.

Baca juga: Bangsa Arab Mencoba Menggapai Mars

Belhoul mengatakan program tersebut mencerminkan visi Rashid Al Maktoum untuk menginspirasi, memotivasi, dan memberdayakan pemuda Arab untuk memimpin kemajuan ilmiah di jazirah Arab.

Halaman:
Sumber Gulf Today
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com