Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijajah Israel, Warga Palestina Berjuang Selamatkan Hewan Telantar

Kompas.com - 18/07/2020, 16:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Meski dibayangi aneksasi Israel dan merebaknya virus corona, sebagian warga Palestina masih ada yang peduli terhadap kesejahteraan hewan telantar.

Adalah komunitas pencinta hewan telantar, Liga Hewan Palestina (PAL), yang masih bermisi merawat hewan-hewan telantar di Palestina. Komunitas tersebut didirikan pada 2011 dan berbasis di Ramallah, Tepi Barat, Palestina.

Pendiri PAL, Ahmad Safi, mengatakan, meski situasi sedang tidak mudah organisasi tersebut masih memiliki beberapa proyek besar, seperti menyelamatkan dan merawat anjing jalanan, kucing jalanan, kuda, dan keledai.

Mereka juga memiliki sebuah program bernama Youth for Change yang bertujuan melatih mahasiswa untuk mengajarkan pentingnya merawat hewan kepada anak-anak sekolah.

Tujuan program tersebut adalah mendorong warga setempat untuk mengubah sikap mereka terhadap hewan telantar daripada komplain terhadap pihak berwajib atau bahkan meracuni hewan-hewan malang tersebut.

Baca juga: Mengapa Palestina Tidak Diakui Sebagai Negara?

“Kita harus meyakinkan masyarakat untuk tidak mengeluh tentang anjing-anjing di jalanan,” kata Safi sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, sabtu (18/7/2020).

Safi mengatakan salah satu alasan mengapa sangat penting untuk mengubah sikap warga lokal adalah karena PAL tidak selalu dapat menangani hewan yang membutuhkan. Itu karena pembatasan kebebasan bergerak di Tepi Barat oleh militer Israel.

Beberapa waktu lalu, PAL mencoba menghindari militer dengan menyelamatkan hewan di tengah malam. Namun hal tersebut tidak berjalan mulus.

Suatu malam, sukarelawan PAL melakukan perjalanan untuk menyelamatkan sekelompok anjing di Kota Tulkarem di tengah malam. Namun mereka disuruh kembali pulang oleh militer Israel.

"Para prajurit bertanya kepada kami apa yang kami lakukan di sana pada malam hari. Kemudian mereka tidak mengizinkan kami untuk menangkap anjing-anjing yang jaraknya cukup dekat,” kata Safi.

Baca juga: Dukung Israel Caplok Tepi Barat, 6 Warga Palestina Ditangkap

Pada kesempatan lain, sukarelawan PAL terpaksa mengambil jalan memutar untuk menyelamatkan hewan telantar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com