Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Nelson Mandela, Meninggal di Usia 59 Tahun

Kompas.com - 13/07/2020, 17:58 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber BBC

CAPE TOWN, KOMPAS.com - Putri dari mendiang Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, Zindzi Mandela meninggal dunia di usia 59 tahun.

Zindzi adalah putri dari pernikahan Mandela dengan aktivis Winnie Madikizela. Dia merupakan putri bungsu dari pasangan itu.

Zindzi dikabarkan meninggal di Rumah Sakit Johannesburg pada Minggu pagi (12/7/2020) waktu setempat menurut laporan siaran SABC.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Nelson Mandela, Berjuang Memberontak Apartheid

Dia telah menjadi duta besar Afrika Selatan untuk Denmark sampai waktu kematiannya.

Sampai saat ini, penyebab kematian putri bungsu mendiang Nelson Mandela itu masih belum diketahui atau pun dikabarkan secara resmi.

Zindzi Mandela merupakan anak ke-6 Nelson Mandela dari istri keduanya, Winnie Madikizela-Mandela.

"Kematiannya tidak tepat waktu. Dia masih dibutuhkan dalam transformasi masyarakat kita dan peran lebih besar bahkan untuk Kongres Nasional Afrika (ANC)," ujar Juru bicara ANC, Pule Mabe.

Baca juga: Nelson Mandela di Mata Generasi Muda: Dipuja Maupun Dicela

Menteri Hubungan Internasional Naledi Pandor mengatakan, "Zindzi tidak hanya akan dikenang sebagai putri pahlawan perjuangan kita, tetapi juga dirinya sebagai pahlawan perjuangan."

Zindzi tumbuh di puncak perjuangan sang ayah dalam menegakkan anti-apartheid. Ketika ayahnya, Nelson Mandela dipenjara di Pulau Robben, Zindzi mengalami pelecehan dan intimidasi selama bertahun-tahun oleh rezim apartheid.

Tak hanya dia sendiri, namun juga bersama saudara perempuannya, Zenani dan ibunya, Winnie, menurut wartawan BBC, Vumani Mkhize.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Nelson Mandela Dibebaskan dari Penjara

Zindzi Mandela adalah anggota keluarga yang membacakan penolakan Nelson Mandela atas tawaran presiden PW Botha untuk pembebasan bersyarat dari penjara pada pertemuan publik pada Februari 1985.

Baru-baru ini, menurut BBC,  dia dikenal karena dukungan vokalnya untuk reformasi tanah radikal di Afrika Selatan.

Saat ini hanya 2 dari 6 anak Nelson Mandela yang masih hidup, Zenani Dlamini, saudara perempuan Zindzi; dan Pumla Makaziwe Mandela, seorang putri dari pernikahan pertama Nelson Mandela dengan Evelyn Mase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com