Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkelahi dengan Adiknya, Gorila Bernama Shango Dites Covid-19

Kompas.com - 13/07/2020, 17:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

MIAMI, KOMPAS.com - Seekor gorila bernama Shango di kebun binatang Florida, AS, dites Covid-19 setelah dirawat karena berkelahi dengan adiknya.

Kebun Binatang Miami menyatakan, Shango, yang mempunyai berat 196 kilogram, berkelahi dengan si adik Barney (26) pada Rabu pekan lalu (8/7/2020).

Baca juga: Momen Gorila Terlangka di Dunia Gendong Bayinya

Keduanya lahir di Kebun Binatang San Francisco, sebelum kemudian dipindahkan ke Kebun Binatang Miami pada 2017 dan hidup bersama sejak saat itu.

Dikatakan, konflik di antara dua gorila jantan yang masih bujangan tergolong hal biasa. Tetapi, jarang dari mereka yang mendapat luka serius.

Buntut dari perkelahian tersebut, gorila berusia 31 tahun itu kemudian menderita luka gigitan, seperti diberitakan Sky News Minggu (12/7/2020).

Kebun binatang menerangkan, Shango segera mendapat pemeriksaan sinar X, vaksinasi, ultrasound, tes TB, dan pemeriksaan bronskoskopi.

Gigitan yang menimpa binatang jenis gorila dataran rendah itu "cukup dalam". Tapi untungnya, tidak sampai menimbulkan kerusakan permanen.

Karena sempat demam, Shango kemudian mendapat pemeriksaan Covid-19, di mana untungnya, dia tidak sampai positif menderita virus tersebut.

Shango dilaporkan dikembalikan lagi ke area penangkaran gorila, di mana kondisinya bakal terus dipantau agar benar-benar pulih.

Pihak kebun binatang menjelaskan, mereka belum memutuskan apakah dia akan segera disatukan kembali dengan si adik, Barney.

Pertemuan kembali kakak beradik itu tergantung pada penilaian perilaku dari staf yang digabungkan dengan perkembangan pemulihan Shango.

Baca juga: 4 Pelaku Pembunuh Gorila Rafiki Ditangkap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com