Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Sambut Baik Keputusan India Larang Aplikasi TikTok

Kompas.com - 02/07/2020, 20:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - AS melalui Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyambut baik keputusan India yang melarang aplikasi China, TikTok.

Dalam pernyataannya, Pompeo yang merupakan mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu menyatakan New Delhi menjamin keamanannya.

Baca juga: Buntut Duel Maut di Perbatasan, India Blokir 59 Aplikasi China Termasuk TikTok

"Kami menyambut larangan India untuk aplokasi mobile tertentu yang bertugas sebagai alat pengawasan bagi CCP," jelas Menlu AS sejak April 2018.

Dilansir AFP Rabu (1/7/2020), mantan anggota House of Representatives (DPR) dari Kansas tersebut merujuk kepada Partai Komunis China.

Dia menjelaskan, larangan itu akan memberi dampak positif, berupa kedaulatan, integritas, maupun keamanan nasional Negeri "Bollywood".

India menjadi pasar internasional untuk TikTok, aplikasi populer China yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan berbagi video mereka.

Pada Senin (29/6/2020), Delhi mengumumkan larangan bagi 59 aplikasi buatan Negeri "Panda", termasuk di dalamnya WeChat serta Weibo.

Pelarangan itu merupakan buntut konflik perbatasan di Lembah Galwan, Kashmir, di mana 20 tentara India tewas karena baku hantam dengan militer China.

Kementerian informasi dan teknologi menyatakan, aplikasi itu terlibat dalam aktivitas yang merugikan kedaulatan dan pertahanan mereka.

Kepala TikTok di India membantah bahwa perusahaan mereka membagikan segala informasi penggunanya kepada negara asing, termasuk China.

Baca juga: Diblokir India karena Dituduh Sebar Data Pengguna ke China, TikTok Buka Suara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com