Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Kira Tak Pernah Keluar dari Sini Kecuali Dalam Peti Kayu"

Kompas.com - 10/06/2020, 23:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Editor

EDINBURGH, KOMPAS.com - Pasien Covid-19 George Clark baru saja berkumpul kembali dengan keluarga dalam reuni yang diwarnai dengan isak tangis keharuan setelah ia diperbolehkan pulang dari rumah sakit setelah menjalani perawatan selama 56 hari di ruang ICU atau ruang rawat intensif.

George Clarck, 61, adalah pasien Covid-19 pertama yang dirawat di ruang ICU di rumah sakit umum University Hospital Ayr, Skotlandia.

Dalam wawancara dengan BBC Scotland, istrinya, Fiona Clark mengatakan selama tiga bulan terakhir ada kalanya ia berpikir kesembuhan dan kepulangan suaminya tidak akan pernah terjadi.

Baca juga: [KABAR BAIK COVID-19] 3,4 Juta Orang di Seluruh Dunia Sembuh | Selandia Baru Umumkan Kemenangan

George, seorang insinyur desain, dibawa ke rumah sakit pada 21 Maret setelah mengalami sakit selama sekitar empat hari.

Menurut istrinya, pada hari-hari pertama dokter yang merawatnya merasa cukup optimistis jika George Clark akan sembuh meskipun tingkat oksigen di tubuhnya rendah.

"Saya pikir kita tidak tahu betapa serius kondisinya ketika itu," kata Fiona.

Namun, George dipindahkan ke ruang ICU tiga hari kemudian. Secara keseluruhan ia menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator selama 52 hari, dan berada di ruang khusus itu selama 56 hari.

Sebelum pandemi Covid-19, rata-rata perawatan di ICU di wilayah Skotlandia berlangsung selama tiga hingga empat hari tetapi pasien Covid-19 memerlukan waktu perawatan di ICU lebih lama.

Data terbaru menunjukkan sekurang-kurangnya 500 orang pasien Covid-19 telah menjalani perawatan intensif di ICU di wilayah Skotlandia dan sekitar 38 persen diantaranya meninggal dunia.

Fiona menggambarkan suaminya sebagai "pria yang sehat" yang tidak pernah dirawat di rumah sakit, kecuali sekali ketika menjalani operasi lutut.

"Ini tak disangka sama sekali," ungkapnya.

Baca juga: Untuk Adegan Seks, Hollywood Mungkin Pakai CGI demi Cegah Penularan Covid-19

Menyanyikan lagu Adele

Istri George dan ketiga anaknya yang sudah dewasa tidak diizinkan menjenguknya di rumah sakit.

Putrinya, Rebecca, mengatakan anggota keluarga menghubungi rumah sakit setiap malam dan perawat yang bertugas menempelkan telepon di telinga George sehingga mereka bisa berkomunikasi dengannya.

Rebecca juga merekam suaranya sendiri untuk menyanyikan lagu favorit ayahnya, Someone Like You oleh Adele. Rekaman itu kemudian diperdengarkan kepada George melalui telepon dengan harapan membangkitkan semangatnya.

Baca juga: Sensor China Terhadap Berita Covid-19 Pengaruhi Konsekuensi Global

"Kami tidak tahu apakah ia bisa mendengar suara tetapi kami berpikir jika ia mendengarkan lagu dengan suara saya, maka itu mungkin bisa membantunya untuk berjuang," kata Rebecca.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com