Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasis, Remaja Kulit Hitam Di-bully Remaja Kulit Putih untuk Cium Sepatunya

Kompas.com - 05/06/2020, 18:44 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber The Sun

LONDON, KOMPAS.com - Sepasang remaja kulit putih memaksa seorang remaja kulit hitam untuk mencium salah satu sepatu mereka dalam rekaman video di media sosial. 

Polisi kemudian mengonfirmasi bahwa mereka menangkap dua remaja kulit putih itu. 

Rekaman itu diambil di Klub Kriket Holmfirth, Inggris pada pekan ini, dengan video yang dibagikan tadi malam.

Dilansir The Sun, video itu menunjukkan seorang remaja laki-laki kulit putih berdiri dengan seorang gadis remaja kulit putih, keduanya menyuruh seorang remaja kulit hitam untuk mencium sepatu si remaja laki-laki.

Satu video menunjukkan seorang remaja kulit putih berdiri dengan seorang gadis remaja kulit putih, menyuruh pemuda kulit hitam itu mencium sepatunya.

Baca juga: Meghan Markle Ungkap Kesedihannya atas Perpecahan Ras di AS

Kepala remaja kulit hitam itu tampaknya dipaksa untuk mencium sepatu salah satu remaja kulit putih yang mengejek, "Tidak akan ada yang membantumu," ujarnya.

Remaja kulit hitam itu tampak tertekan dan bahunya bergetar. Namun, kedua remaja kulit putih itu terus berkata, "membungkuklah ke tanah," dan yang laki-laki berkata, "Cium sepatu Air Force baruku seharga 120 pound ini."

Sementara itu, orang yang merekam adegan itu tertawa ketika remaja kulit hitam itu berlutut di rumput, membungkuk dan mencium sepatu itu.

Bahkan dalam rekaman video lain, remaja kulit putih itu kedapatan mengejek bocah kulit hitam itu dengan mengatakan bahwa dia akan menampar 50 orang remaja kulit hitam sepertinya.

Baca juga: Dianggap Rasial dan Jadikan Perempuan Obyek Seks, Kemasan Mentega Ini Diganti

Kedua remaja kulit putih itu ditangkap

Sebuah laman media sosial digalakan sebagai penggalangan dana untuk remaja kulit hitam yang dibully itu.

Lebih dari 2.000 pound Inggris (sekitar Rp 35 juta) telah disumbangkan dengan harapan remaja itu "bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan ketika lockdown berakhir."

Kepala Inspektur Julie Sykes dari Kepolisian Kirklees mengatakan, "Kami diberitahu semalam tentang insiden serius di Klub kriket Holmfirth setelah sebuah video beredar di media sosial, dan kami telah melakukan penyelidikan terhadap apa yang telah terjadi."

Baca juga: Berkata Rasial Saat Jumpa Pers Virus Corona, Trump Didebat Wartawan

“Seorang laki-laki berusia 17 tahun telah ditangkap karena dicurigai melakukan penyerangan rasial dan seorang perempuan berusia 16 tahun telah ditangkap atas dugaan pelanggaran ketertiban umum atas kasus rasial."

Kedua remaja kulit putih itu kini dalam tahanan polisi. "Kami mendukung korban dan keluarganya dan bekerja sama dengan badan mitra lokal saat kami melakukan penyelidikan penuh atas apa yang telah terjadi."

Tim kepolisian setempat juga akan melakukan patroli di Holmfirth dan mendesak pada siapa pun yang mengetahui peristiwa tersebut untuk menghubungi Kepolisian Kirklees.

Baca juga: Warga Australia Asal China Jadi Sasaran Serangan Rasial di Melbourne

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com