Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PCINU Inggris Siap Bantu Terjemahkan Al Quran ke Bahasa Romania

Kompas.com - 01/06/2020, 12:57 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Dalam rangka memperluas dakwah Islam moderat di Eropa, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama United Kingdom (PCINU Inggris), mendukung penerjemahan Al Quran ke bahasa Romania dan negara-negara Eropa timur lainnya.

Hal ini disampaikan Taufiq Widjanarko, Ketua NUCare-LAZISNU PCINU United Kingdom, pada Senin (1/6/2020).

Menurut Taufiq, melalui NUCare-LAZISNU, program-program donasi, charity, riset, akan mendukung pengembangan Islam moderat di Eropa.

Baca juga: PCINU Inggris Beri 4 Tips untuk Indonesia Tangani Virus Corona

"Selama Ramadhan terakhir, NUCare-LAZISNU telah menghimpun dana lebih dari 4,700 pundsterling (Rp 84,15 juta) dari zakat fitrah, infaq, sedekah dan donasi."

"Dari anggaran itu, sebagian telah disalurkan untuk bantuan terhadap WNI di kota-kota Inggris yang membutuhkan, karena terdampak Covid-19," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

"Jadi, ketika saya berkomunikasi dengan beberapa komunitas pengajian di Inggris, ada mualaf dari Romania yang butuh bantuan."

Baca juga: Media Perancis Ulas Hukuman Lantunkan Ayat Suci Al Quran bagi Pelanggar Social Distancing

"Mereka ingin bekerja sama untuk penerjemahan Al Quran ke bahasa Romania, serta beberapa bahasa di kawasan Eropa Timur."

"Kami siap membantu, juga dengan menjadi tim khusus untuk pengembangan aplikasi Al Quran," terang Taufiq Widjanarko, yang juga pakar teknologi 3D holographic display di sebuah lemba riset di Cambridge, Inggris.

Yudhi Ariadi Direktur Program NUCare-LAZISNU menyampaikan, program-program untuk kemanusiaan dan pengembangan Islam yang ramah akan diprioritaskan.

"Kami akan terus mendukung program-program bantuan kemanusiaan. Semoga NUCare-LAZISNU terus bermanfaat untuk semua," jelasnya.

Baca juga: Libur Kompetisi, Bek Tira Persikabo Bimbing Anak Pelajari Al Quran

Selain menjadi Direktur Program NUCare-LAZISNU UK, Yudhi Ariadi sehari-hari menjadi periset dan pengajar di Loughborough Design School, Loughborough University, United Kingdom.

Ketua PCINU United Kingdom Shandy Adiguna mendukung program penerjemahan Al Quran ke bahasa Romania dan beberapa negara di Eropa Timur.

"Selama ini, Muslim di Eropa Timur memerlukan dukungan. Populasi muslim di kawasan itu meningkat, maka perlu dukungan untuk fasilitas beribadah dan belajar Islam."

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Al Quran Penuntun Jalan Kehidupan Manusia

Lebih lanjut, ia mengungkapkan pihaknya akan berkoordinasi dengan PBNU dan beberapa ahli Al Quran dari Indonesia, untuk bersama-sama mendukung program ini

Shandy menyampaikan, Nahdliyyin Inggris Raya akan setahap demi setahap berkontribusi untuk pengembangan Islam moderat, dakwah Islam Nusantara di Eropa.

Selama ini PCI Nahdlatul Ulama United Kingdom, Muslimat United Kingdom dan Gusdurian UK telah menyelenggarakan beberapa agenda serta berkolaborasi dengan KBRI London, PPI UK, the Association of British Muslims, dan beberapa institusi lain.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Al-Quran, Dzikir, dan Tajali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com