Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gencatan Senjata Saat Idul Fitri, Presiden Afghanistan Janji Percepat Pelepasan Tahanan Taliban

Kompas.com - 24/05/2020, 22:47 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

KABUL, KOMPAS.com - Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani pada Minggu (24/5/2020) berjanji mempercepat pembebasan tahanan Taliban setelah menyambut tawaran mengejutkan dari pihak pemberontak yakni gencatan senjata tiga hari selama libur Idul Fitri.

"Sebagai pemerintah yang bertanggung jawab, kami mengambil satu langkah maju, saya mengumumkan bahwa saya akan mempercepat pembebasan tahanan Taliban," kata Ghani dalam pidato kenegaraan di Hari Idul Fitri.

Dilansir media Perancis AFP, presiden Ghani juga mendesak para militan untuk melanjutkan pembebasan pasukan keamanan Afghanistan yang mereka tahan.

Baca juga: Taliban dan Pemerintah Afghanistan Sepakat Gencatan Senjata Saat Idul Fitri

Kesepakatan AS-Taliban yang ditandatangani pada Februari silam menetapkan bahwa pemerintah Afghanistan akan membebaskan hingga 5.000 tahanan Taliban sementara pemberontak Taliban akan membebaskan sekitar 1.000 personel pasukan keamanan Afghanistan.

Pertukaran tahanan dipandang sebagai langkah membangun kepercayaan menjelang pembicaraan damai yang telah lama ditunggu antara pemerintah dan Taliban.

Kabul sejauh ini telah membebaskan sekitar 1.000 tahanan Taliban sementara pihak Taliban telah membebaskan sekitar 300 personil pasukan keamanan Afghanistan.

Baca juga: Taliban Tolak Damai Saat Ramadhan, Sebut Itu Tidak Rasional

Sejak invasi AS ke Afghanistan pada 2001, hanya ada satu jeda pertempuran yakni gencatan senjata tiga hari antara Taliban dan pemerintah Kabul selama Idul Fitri 2018.

Gencatan senjata kala itu diusulkan oleh Presiden Ashraf Ghani. Namun dilansir BBC pada Sabtu (24/5/2020) gencatan senjata pada Idul Fitri 2018 itu tak diperpanjang.

"Jangan melakukan serangan terhadap musuh. Namun jika musuh menyerang, pertahankan diri kalian," ujar juru bicara kelompok itu, Zabihullah Mujahid.

Baca juga: Taliban Serang 3 Lokasi, 23 Tentara Afghanistan dan 9 Warga Sipil Tewas

Dia menambahkan pula kalau perjanjian itu hanya diterapkan untuk Idul Fitri, yang merupakan perayaan selepas bulan puasa Ramadhan.

"Saya menyambut pengumuman itu. Saya telah menginstruksikan militer untuk mematuhinya dan mempertahankan diri jika diserang," ujar presiden Ghani di Twitter.

Ada pun untuk gencatan senjata Idul Fitri 2020, pihak Taliban menyepakati gencatan senjata dengan pemerintah Kabul selama tiga hari.

Gencatan senjata dimulai pada Minggu (24/5/2020). Presiden Ashraf Ghani sangat menghormati gencatan senjata itu dan meminta pasukan Afghanistan untuk menerapkan hal serupa.

Baca juga: Taliban Bunuh Puluhan Polisi Afghanistan dalam Dua Kali Serangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com