Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Virus Corona di Seluruh Dunia Capai 5 Juta Orang

Kompas.com - 21/05/2020, 15:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

JENEWA, KOMPAS.com - Lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia terinfeksi virus corona, dengan korban meninggal mencapai lebih dari 328.000.

Kawasan Amerika Latin melewati Amerika Serikat (AS) dan Eropa dalam satu pekan terakhir dalam hal kasus infeksi harian tertinggi.

Dilansir Sky News Kamis (21/5/2020), saat ini AS mencatatkan hampir 92.000 kematian dengan korban yang terinfeksi lebih dari 1,5 juta orang.

Baca juga: Virus Corona, Gadis-gadis Afghanistan Ciptakan Ventilator dari Onderdil Mobil

Kabar itu terjadi setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatatkan 106.000 infeksi baru virus corona pada Rabu (20/5/2020), angka harian tertinggi.

"Perjalanan kami masih sangatlah panjang untuk melewati wabah ini," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers.

Tedros menjelaskan, pihaknya saat ini begitu menyoroti menaiknya kasus penularan Covid-19 di negara berpenghasian rendah dan menengah.

Wabah yang menimpa Brasil begitu mengkhawatirkan, dengan negara Amerika Latin itu bisa saja menjadi negara kedua dengan tingkat penyebaran tertinggi dunia.

Saat ini berdasarkan laporan dari Johns Hopkins, saat ini terdapat 291.000 kasus Covid-19 di Negeri "Samba", di mana mereka sewaktu-waktu bisa melewati Rusia.

Brasilia langsung mengeluarkan panduan penggunaan obat anti-malaria hidroksiklorokuin untuk kasus bergejala ringan, sesuai rekomendasi Presiden Jair Bolsonaro.

Baca juga: Kalla: Virus Corona Mematikan bagi yang Tak Taat Protokol Kesehatan

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump sudah mempromosikan pengobatan menggunakan hidroksiklorokuin karena dianggap lebih efektif dari klorokuin.

Pada Senin (18/5/2020), dia mengumumkan meminum obat anti-malaria itu sebagai pencegahan. Padahal, belum ada studi yang menemukan obat itu ampuh mengobati Covid-19.

Bolsonaro, yang dikenal sebagai nasionalis dan populis konservatif, sudah lama mengidolakan Trump. Karena itu, dia antusias menyambut hidroksiklorokuin.

Sementara itu di sejumlah negara Eropa, pemerintah setempat melaporkan penurunan korban infeksi setelah lockdown mereka akhiri.

Menteri Kesehatan Olivier Veran menyatakan, jumlah pasien yang datang tiap hari berkurang, begitu juga mereka yang dirawat secara intensif.

Baca juga: AS Janjikan Vaksin Virus Corona Bakal Dibagikan ke Seluruh Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com