Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Kapal Perang Iran Salah Tembak Teman Sendiri, 19 Pelaut Tewas

Kompas.com - 11/05/2020, 16:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Sebanyak 19 pelaut tewas buntut insiden salah tembak yang melibatkan dua kapal perang Iran ketika menggelar latihan di Teluk.

Insiden itu menimpa kapal Konarak di dekat Bandar-e Jask, dalam latihan perang yang berlangsung pada Minggu siang waktu setempat (10/5/2020).

"Kapal perang Konarak tertembak ketika memindahkan target latihan ke lokasi tujuan, dan tidak cukup menghindar," demikian pemberitaan televisi setempat.

Baca juga: Kapal Perang Iran Tenggelam Ditembak Rudal Teman Sendiri

Dalam keterangan militer, insiden salah tembak saat latihan perang itu menyebabkan 19 pelaut tewas, dengan 15 lainnya terluka.

Dilansir AFP Senin (11/5/2020), pihak angkatan bersenjata hanya menyatakan bahwa Konarak terlibat dalam sebuah "insiden", tanpa menjabarkannya lebih lanjut.

Kapal itu segera dibawa ke galangan untuk keperluan "penyelidikan teknis", dan meminta orang tak berspekulasi hingga informasi lebih detil didapatkan.

Dalam laporan berbahasa Inggris kantor berita Tasnim, Konarak disebutkan tenggelam setelah ditembak rudal kapal perang Iran lainnya.

"Konarak tidak sengaja ditembak rudal oleh kapal kelas Moudge, Jamaran, saat latihan menembak di #TelukPersia pada 10 Mei," ulas Tasnim.

Sebanyak 15 kru yang terluka dirawat di Sistan serta Balochistan, ujar Mohammad-Mehran Aminifard, kepala rumah sakit universitas setempat.

Kepada media semi-resmi ISNA, Aminifard menerangkan dua di antara awak kapal saat ini berada dalam perawatan intensif.

Baca juga: AS Kirim Kapal Induk ke Yaman Sambil Amati Konvoi Kapal Iran

Dalam foto yang diunggah oleh militer Iran pada 11 Mei 2020, kapal pendukung logistik Konarak tengah bersiap melangsungkan latihan dari pangkalan rahasia menuju Teluk Oman. Kapal ini disebut menjadi korban salah tembak dari kapal perang Iran lainnya dalam insiden 10 Mei 2020.Iranian Army via AP Photo Dalam foto yang diunggah oleh militer Iran pada 11 Mei 2020, kapal pendukung logistik Konarak tengah bersiap melangsungkan latihan dari pangkalan rahasia menuju Teluk Oman. Kapal ini disebut menjadi korban salah tembak dari kapal perang Iran lainnya dalam insiden 10 Mei 2020.

Ancaman "tenggelamkan" dari Trump

Konarak adalah kapal pendukung logistik. Dibuat di Belanda, Teheran membelinya sebelum revolusi yang berlangsung pada 1979.

Berbobot 447 ton dan panjang 47 meter, kapal kelas Hendijan itu dilengkapi dengan empat rudal penjelajah, demikian keterangan televisi setempat.

Tidak diketahui berapa orang kru yang sedang bertugas untuk latihan perang di Konarak, sebelum kapal tersebut tertembak rudal.

Baca juga: Trump Perintahkan AS Hancurkan Kapal Iran yang Melecehkan Mereka

Insiden itu terjadi di tengah ketegangan yang berlangsung di Teluk, antara Iran dengan rival dunianya, Amerika Serikat (AS).

Konfrontasi terakhir dua negara terjadi pada 15 April, ketika Washington mengklaim kapal Iran sudah "melecehkan" kapal mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com