Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China: Menlu AS Tak Punya Bukti Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan

Kompas.com - 06/05/2020, 21:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China balik menyerang Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dengan menyatakan dia tidak punya bukti virus corona berasal dari lab di Wuhan.

Dua negara dalam beberapa pekan terakhir terlibat ketegangan mengenai Covid-19, yang saat ini menjadi wabah di seluruh dunia.

Teori konspirasi bahwa virus corona berasal dari lab virologi di Wuhan sebenarnya sudah mengemuka sejak awal 2020 ini. Namun menjadi sorotan sejak AS menyuarakannya.

Baca juga: Menlu AS Sebut Bukti Besar Covid-19 Datang dari Laboratorium di Wuhan

Pada Minggu (3/5/2020), Mike Pompeo sempat mengklaim bahwa Washington mempunyai bukti bahwa patogen itu berasal dari Institut Virologi Wuhan.

Ucapan Menlu AS asal California itu langsung mendapat tanggapan dari juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

"Saya kira masalah ini harus diselesaikan bersama peneliti dan medis, bukan oleh politisi yang berbohong demi kepentingan politik domestik mereka," sindir Hua.

"Tuan Pompeo berulang kali mengklaim, tapi dia tidak bisa menunjukkan buktinya. Mengapa demikian? Karena dia tak punya," serang Hua.

Banyak ilmuwan yakin, virus itu melompat dari hewan ke manusia, dan bersumber dari Pasar Seafood Huanan yang menjual binatang liar.

Baca juga: Media China Sebut Menlu AS Gila, soal Tudingan Covid-19 Berasal dari Lab China

Tak hanya Pompeo, Presiden AS Donald Trump juga meningkatkan kritikannya terhadap Beijing dalam menangani wabah, dilansir AFP Rabu (6/6/2020).

Pekan lalu, dia menuturkan sudah melihat bukti bahwa wabah itu berasal dari lab Wuhan, dan mengancam bakal memberlakukan tarif baru.

Saat ini, Negeri "Uncle Sam" merupakan negara yang paling parah terdampak Covid-19, di mana 1,2 juta terinfeksi dan lebih dari 72.000 orang meninggal.

Beijing menuding, Gedung Putih berusaha mengalihkan tanggung jawab dalam menangani pandemi di negaranya dengan menyalahkan mereka.

"Kami meminta AS berhenti mengalihkan tanggung jawab ke China. Seharusnya mereka berpikir bagaimana menyelamatkan nyawa dan mencegah wabah," kata Hua.

Baca juga: Trump Punya Bukti Covid-19 Berasal dari Lab Wuhan

Ketegangan karena virus

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menerangkan, klaim pemerintahan Trump soal asal usul wabah tersebut hanya sekadar "spekulasi".

Ucapan itu mendapat dukungan pakar epidemiologi, Anthony Fauci. Kepada National Geographic, dia menerangkan sejauh ini, semua bukti menunjukkan virus ini terbentuk secara alamiah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com