Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Korut dan Korsel Baku Tembak | Pepaya Positif Covid-19

Kompas.com - 04/05/2020, 05:20 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.comKorea Selatan dan Korea Utara dilaporkan terlibat baku tembak di zona demiliterisasi, dengan Korsel menyatakan insiden itu dimulai dari Korut.

Peristiwa tak biasa itu terjadi sehari setelah Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong Un, muncul kembali ke hadapan publik usai 20 hari absen.

Baca juga: Korea Selatan Tidak Yakin Kim Jong Un Jalani Operasi

Sementara itu di Tanzania Presiden John Magufuli mengungkapkan, dia diam-diam melakukan pemeriksaan pada sejumlah varietas binatang, buah-buahan, dan oli kendaraan.

Hasilnya berdasar klaim sang presiden, sebuah pepaya, seekor kambing, dan seekor burung puyuh terinfeksi Covid-19, di mana Magufuli menyebut adanya "permainan kotor".

Baca juga: Di Tengah Covid-19, Presiden Tanzania Minta Rakyat Berdoa pada Tuhan

Kedua berita tersebut dapat Anda baca selengkapnya di kumpulan berita terpopuler kanal global sepanjang Minggu (3/5/2020) hingga Senin (4/5/2020).

1. Korea Utara dan Korea Selatan Baku Tembak di Zona Demiliterisasi

Kantor Kepala Staf Gabungan (JCS) dalam rilis resmi menyatakan, tentara Korsel ditembaki di pos perbatasan oleh pasukan Korea Utara.

Korea Selatan menerangkan, mereka menghubungi Korea Utara melalui jalur khusus militer untuk mencari tahu penyebab baku tembak, dilansir AFP Minggu (3/5/2020).

Secara teknis, dua negara masih berada dalam perang karena Perang Korea 1950-1953 hanya berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Lalu bagaimana baku tembak ini berlangsung? Anda dapat membaca selengkapnya di sini.

2. 25 Aturan Aneh di Korut, Termasuk Larangan Melipat Koran dan Dilarang Senyum

Sebagai negara yang sangat tertutup, Korea Utara pun menerapkan sejumlah aturan ketat yang cukup aneh.

Negara yang dibentuk tepat setelah Perang Dunia II ini berpenduduk sekitar 25 juta orang, dan telah diperintah 3 pria dari keluarga yang sama sejak 1948.

Meski pemimpin telah berganti, beberapa aturan aneh Korut tetap tidak berubah seperti larangan mengonsumsi CocaCola dan hukuman berat jika melipat koran.

Apa saja daftar 25 aturan ketat Korut? Anda bisa membaca selengkapnya di sini.

3. Pepaya dan Kambing Positif Covid-19, Presiden Tanzania Tuding Adanya Sabotase

Presiden Tanzania, John Magufuli, mempertanyakan jumlah kasus Covid-19 di negaranya, dan meminta investigasi jika ditemukan ada "sabotase".

John Magufuli mengungkapkan, secara rahasia dia melakukan pemeriksaan pada sejumlah varietas binatang, buah-buahan, dan oli kendaraan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com