Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Kabar Kim Jong Un Meninggal, Publik Korea Utara Bingung

Kompas.com - 30/04/2020, 21:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Publik Korea Utara dilaporkan dibuat bingung ketika muncul laporan pemimpin mereka, Kim Jong Un meninggal saat melakukan inspeksi.

Berdasarkan pemberitaan The Sun, negara tertutup itu sampai harus membuat gugus tugas untuk menyelidiki bagaimana kabar itu bisa beredar.

Baca juga: Menlu AS Sebut Kim Jong Un Belum Terlihat

Laporan yang diduga palsu itu, dibuat semirip mungkun dengan Korean Central Teveision, diyakini direkam di perbatasan dengan China.

Dikatakan bahwa Kim Jong Un meninggal pada Sabtu (25/4/2020), di mana dia akan segera digantikan oleh si adik sekaligus wakilnya, Kim Yo Jong.

Termasuk dalam laporan itu adalah video yang nampaknya diedit, dengan aslinya merupakan foto mendiang ayah Kim, Kim Jong Il, yang wafat pada 2011.

Dilaporkan Daily NK via New York Post Rabu (29/4/2020), dilampirkan juga artikel tidak jelas mengenai penyebab kematian Kim generasi ketiga itu.

Video itu muncul setelah sebelumnya beredar foto, memperlihatkan Kim terbaring, di mana gambar itu diyakini diedit dari Kim Jong Il.

"Video itu jelas membuat bingung baik warga biasa maupun para petinggi dan pejabat ketika mereka melihat ini," kata seorang sumber.

Meski akhirnya diangkat menjadi isu yang serius, sumber itu menerangkan bahwa mereka tidka berani membicarakannya secara terang-terangan.

Gugus tugas yang dibentuk kemudianq menyelidiki dan mengawasi setiap jalir telepon atau percakapan ke luar negeri sejak isu tersebut beredar.

"Dengan semakin intensifnya investigasi, siapa pun yang melakukan pembicaraan ke China karena alasan bisnis mulai menurun," terangnya.

Baca juga: Kapal Mewah Jadi Bukti Kim Jong Un Berada di Kota Wonsan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com