Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Lewatkan Makan Siang, Pejabat Gedung Putih: Trump Terlalu Bekerja Keras

Kompas.com - 27/04/2020, 16:03 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Dilansir dari New York Post, asisten presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pada The Post bahwa jadwal padat Trump dalam menangani krisis virus corona sampai membuat pria itu melewatkan makan siang.

Kabar itu membantah bahwa Trump dirumorkan menghabiskan hari-harinya terobsesi dengan tayangan televisi dan makan kentang goreng.

Pegawai Gedung Putih mengatakan kalau presiden Trump bekerja penuh dan bisa melakukan panggilan telepon sebanyak lima lusin sehari selama pandemi berlangsung.

"Dapat kukatakan kepada Anda bahwa hal yang paling kukhawatirkan sebagai kepala staf baru adalah memastikan Presiden Trump punya waktu untuk makan dengan cepat," ujar kepala staf Gedung Putih, Mark Meadow kepada The Post.

Baca juga: Trump Akan Jual Ventilator ke Negara Berkembang, Termasuk Indonesia

Baru-baru ini bahkan Trump meneleponnya pada pukul 3:19 dini hari. Mark tidak menyangka akan dihubungi dan sedang tertidur ketika panggilan telepon presiden itu masuk.

Menurut Mark, Trump akan kembali ke Gedung Putih dan makan siang di luar kantor Oval serta lebih banyak menerima panggilan telepon.

Pejabat Gedung Putih lainnya bahkan mengatakan kalau Trump tidak makan siang selama beberapa hari.

"Kadang makan siang bahkan tidak terpikirkan," ujar pejabat itu. "Sering kali tidak ada waktu untuk makan siang atau hanya 10 menit untuk makan siang."

Sebuah akun Twitter yang diunggah The New York Times mengklaim presiden Trump berlama-lama di kamarnya pada siang hari.

Baca juga: Trump Usul Obati Covid-19 dengan Suntik Disinfektan, Ini Tanggapan Para Pakar

Pernyataan itu membuat amarah Trump meruak. Di Twitter, Trump menepis kabar itu. Dia menulis, "Saya bekerja dari dini hari sampai larut malam."

Seorang pejabat dari Gedung Putih hanya memberikan data tentang panggilan telepon presiden baru-baru ini yang membuktikan bahwa presiden AS ke-45 itu memang memiliki jadwal yang padat.

Pada Rabu misalnya, Trump melakukan puluhan panggilan telepon sejak pagi dengan percakapan yang terjadi sekitar pukul 6:30 dengan Menteri Keuangan Steve Mnuchin.

Pada Kamis paginya, Trump melakukan 18 panggilan terkait pekerjaan dari tempat pribadinya termasuk empat panggilan telepon ke pemimpin asing yang bisa panjang karena proses penerjemahan dan beragam topik.

Pada Jumat, Trump juga memulai harinya dengan empat panggilan telepon dengan para pemimpin asing.

Baca juga: Tepis Kabar Kim Jong Un Sakit, Trump: Mereka Pakai Dokumen Lama

Trump akan kembali ke kediaman Gedung Putih pada pukul 09:00 malam waktu setempat pada Rabu dan Kamis menurut keterangan salah satu pejabat Gedung Putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com