Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turkmenistan Menentang Pandemi Virus Corona untuk Rayakan Hari Kuda Nasional

Kompas.com - 27/04/2020, 14:36 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

ASHGABAT, KOMPAS.com - Pada Minggu (26/4/2020) tayangan televisi negara Turkmenistan melaporkan bahwa Presiden negara itu, Gurbanguly Berdymukhamedov tengah memimpin perlombaan pada peringatan Hari Kuda Nasional di Turkmenistan.

Peringatan Hari Kuda Nasional merupakan salah satu momen terpenting di dalam kalender nasional Turkmen.

Dilansir dari media Perancis AFP, presiden Berdymukhamedov atau yang juga dikenal sebagai Arkadag (Sang Pelindung) menyaksikan dari ruang tertutup, para penonton memadati stadion dan mengibarkan bendera Turkmenistan.

Baca juga: Viral Foto Anjing Bulldog Selalu Berwajah Murung, Ternyata Ini Sebabnya

Negara Turkmenistan yang kaya akan gas, merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak mencatat satu pun kasus Covid-19.

Meski pun rahasia tradisional pemerintah dan fakta bahwa negara itu berbatasan dengan Iran, pusat wabah di Timur Tengah telah meragukan klaim nol kasus tersebut.

Bukannya menunda perayaan hari kuda nasional yang merujuk pada kuda Akhal-Teke, sebagai simbol utama propaganda negara itu, Turkmenistan malah merayakannya di awal tahun ini.

Baca juga: Penurunan Besar Kematian Covid-19 di Perancis, 242 Korban Meninggal dalam 24 Jam

Televisi negara itu juga menunjukkan kalau perlombaan juga digelar di muka khalayak pada awal pekan ini di kota terbesar kedua negara itu, Turkmenabat.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, para diplomat dan jurnalis tidak diundang pada festival yang berlangsung pada Minggu lalu.

Namun para diplomat dari Jerman, Turki dan Uni Arab Emirat menghadiri sebuah presentasi pada Kamis (23/4/2020) yang menandai adanya terjemahan buku bertema Berdymukhamedov 2019 tentang kuda.

Buku itu berjudul "Kuda, Simbol Kesetiaan dan Kebahagiaan" yang diterjemahkan ke dalam bahasa asal negara para diplomat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com