Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Dana dengan Jalan Kaki untuk NHS, Veteran Ini Kumpulkan Rp 309 Miliar

Kompas.com - 17/04/2020, 08:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber ITV

LONDON, KOMPAS.com - Kapten Tom Moore (99) mendapat pujian 'aksi heroik' dari Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson saat penggalangan dana Layanan Kesehatan Nasional (NHS) melewati 16 juta pound (sekitar Rp 309 miliar).

Perdana Menteri Boris memuji "upaya heroik" seorang veteran berusia 99 tahun yang telah mengumpulkan lebih dari 16 juta pound untuk NHS dengan berjalan sejauh 100 kali mengitari taman.

Kapten Tom Moore, yang tinggal bersama keluarganya di Bedfordshire, menyelesaikan putaran 25 meter terakhir pada Kamis pagi (16/4/2020) dan bersorak saat dia menyelesaikan putaran ke-100.

Baca juga: Insiden Mobil Terbang dan Mendarat di Kuburan, Begini Kronologinya

Pada Kamis waktu makan siang, angka penggalangan dana untuk NHS Charities Together telah mencapai 13 juta pound. Hingga Kamis pukul 11 malam, lebih dari 16 juta pound telah terkumpul.

Prestasinya yang dimulai dengan target sederhana yaitu 1.000 pound pekan lalu, menjelang ulang tahunnya yang ke-100 pada 30 April mendatang, telah dipuji oleh Downing Street.

Boris Johnson mengatakan Kapten Moore telah "merebut hati bangsa" dan "mewujudkan semangat seluruh negara dalam melakukan andil mereka untuk perjuangan melawan virus corona".

Juru bicara Perdana Menteri mengatakan pada rapat singkat Westminster pada Kamis bahwa Johnson pasti akan mencari cara untuk mengenali upaya heroik Tom.

"Dari kontribusi militernya hingga dukungannya bagi staf NHS, Tom telah menunjukkan keberanian dan kasih sayang seumur hidup," kata juru bicara Nomor 10.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Trump Tanggapi Pernyataan Soal Raja Trump | Bayi Umur 11 Minggu Positif Corona

Matt Hancock telah memilih upaya luar biasa Kapten Moore selama konferensi pers Rabu malam di Downing Street.

Dalam pidato pembukaannya, Sekretaris Kesehatan itu mengatakan,“Saya ingin memberi tribut khusus hari ini kepada Kapten Tom Moore. Kapten Tom, Anda adalah inspirasi bagi kami semua, dan kami berterima kasih."

Mulanya, ketika dana terkumpul 10 juta pound, veteran militer itu menulis di Twitter, “10 JUTA POUND! Virtutis Fortuna Datang." 

Virtuitis Fortuna artinya keberuntungan adalah kawannya keberanian. Motto itu biasanya diungkapkan veteran Inggris yang mengutip dari motto Duke of Wellington.

Baca juga: Dua Minggu Lockdown, Penegak Hukum Nigeria Tembak Mati 18 Orang

Melansir ITV News, Moore mengatakan, "Saya tidak pernah bermimpi tentang uang sebanyak itu ketika kami mulai sebagai lelucon kecil keluarga, untuk melihat apakah kami dapat mengumpulkan 1.000 pound dan terus berjalan."

Dia mengatakan selama orang berkontribusi pada NHS, dia akan terus berjalan di lingkar putaran tamannya.

"Saya akan berjalan selama uang mengalir untuk NHS, saya akan berjalan, jika mereka berkontribusi, saya akan berjalan," tambah veteran itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com