Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Patuh, Gereja di Korea Selatan Masih Buka Layanan Saat Virus Corona

Kompas.com - 16/03/2020, 15:57 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Kasus infeksi virus corona terbaru di Korea Selatan dikaitkan dengan salah satu kelompok agama Korea Selatan pada Senin (16/03/2020).

Kasus infeksi dikaitkan pada kelompok gereja di dekat Seoul bernama The Grace River Church yang selama ini menentang aturan untuk menunda layanan.

Sebanyak 135 orang jemaah gereja The Grace River dinyatakan positif terjangkit virus corona termasuk pastor dan istrinya.

Gereja The Grace River melawan aturan penutupan tempat publik dan layanan. Di luar jumlah jemaah itu, sebanyak 40 korban infeksi terjadi saat kongregasi, di mana otoritas kota Seongnam melaporkan pula enam orang lainnya juga terinfeksi.

Baca juga: Trump Sebut Vaksin Virus Corona Bakal Siap Saat Pilpres AS

Padahal sebelumnnya, lebih dari setengah angka 8.200 kasus infeksi virus corona ditemukan dari gereja aliran Shincheonji. Sebuah sekte yang diklaim sesat oleh banyak orang.

Salah satu anggota jemaahnya yang terinfeksi menghadiri layanan gereja itu sebanyak empat kali di bagian selatan kota Daegu.

Korea Selatan adalah negara pertama yang melaporkan adanya angka infeksi virus corona di luar daratan utama China. 

Sejumlah konser K-pop dan pertandingan olahraga juga dibatalkan dan ditunda karena penularan virus corona. Sedangkan sekolah juga TK di Korea Selatan ditutup sampai tiga pekan mendatang.

Baca juga: Pakar Herbal di Tunisia Untung Sebab Virus Corona

Namun Korea Selatan menunjukkan perkembangan positif sejak awal Maret akan kemampuan mereka memberantas virus.

Pusat pengendalian penyakit dan pencegahan Korea (KCDC) mengumumkan sebanyak 74 kasus baru pada Senin (16/03/2020). Sebuah angka infeksi yang jauh lebih sedikit dari pada sebelumnya.

Angka kematian di Korea Selatan pun sangat kecil yaitu 75 orang. Berbeda jauh dari China, Italia dan Iran.

Hal ini dikarenakan pemerintah Korea Selatan menerapkan tiga kunci tindakan yang mampu membawa negaranya berhasil menangani kasus infeksi virus corona.

Pihak berwenang telah berusaha melakukan tes diagnosis untuk pasien-pasien potensial dengan jumlah total tes mencapai seperempat juta pada Minggu (15/03/2020).

Baca juga: 3 Kunci Korea Selatan Berhasil Tangani Virus Corona Lebih Baik dari Negara Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com