Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Perawat Italia di Tengah Virus Corona: Saya Melawan Musuh yang Tak Diketahui

Kompas.com - 15/03/2020, 09:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

ROMA, KOMPAS.com - Elena Pagliarini begitu malu dan kecewa ketika melihat fotonya yang tertidur di depan komputer dalam keadaan mengenakan pakaian pelindung.

Dia adalah salah satu perawat yang dikerahkan pemerintah Italia untuk memerangi virus corona, yang sudah menjangkiti lebih dari 21.000 orang di sana.

Elena bertugas di Lombardy, kawasan di bagian utara Negeri "Pizza" yang paling parah terdampak virus dengan nama resmi SARS-Cov-2.

Baca juga: Di Tengah Lockdown Virus Corona, Warga Italia Bernyanyi untuk Menggugah Semangat

Di waktu normal, Lombardy tidak hanya merupakan jantung ekonomi Italia. Namun juga mempunyai sistem kesehatan yang diakui dunia.

Namun pada saat ini, semua tim medis seperti Elena dikerahkan untuk memerangi virus corona yang sudah membunuh lebih dari 1.400 orang itu.

Kepada harian Corriere della Sera, si perawat menuturkan di satu sisi, dia begitu malu karena sudah menunjukkan kelemahannya.

"Namun kemudian saya merasa senang karena banyak orang memberikan dukungan indah setelah mendengarkan kisah saya," jelas dia.

Elena mengatakan, secara fisik sebenarnya dia tidak begitu lelah. Malah, dia siap untuk bekerja selama 24 jam jika diperlukan.

Baca juga: Aktor Italia Terjebak 24 Jam Bersama Jenazah Saudara Perempuanya yang Terinfeksi Corona

"Tetapi, saya tidak bisa menyembunyikan fakta bahwa saya tengah gelisah. Sebab, saya melawan musuh yang tidak diketahui," kata dia.

Elena merupakan salah satu tim medis yang mengungkapkan perasaan mereka mengenai wabah, fasilitas kesehatan, hingga pasien yang mereka tangani.

Daniele Macchini, dokter yang bertugas di Bergamo mengungkapkan, sudah dua pekan dia tidak bertemu dengan keluarga dan putranya.

"Saya selalu terpaku dan berurai air mata setiap kali melihat foto anak saya, di mana kami juga menelepon via video," akunya dikutip AFP Minggu (15/3/2020).

Baca juga: Cerita Dosen Unair di Italia, Negara Ke-2 Terbanyak Kasus Corona

"Lelah secara psikologi"

Bergeser ke selatan di Region Tuscany, tekanan juga dirasakan oleh tim medis di sana dalam merawat pasien yang terpapar virus yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Di kota Grossetto, seorang perawat bernama Alessia Bonari mengunggah foto di Instagram, memperlihatkan wajahnya yang memar karena mengenakan masker.

"Saya khawatir karena mungkin masker saya tak terpasang dengan benar atau saya tak sengaja menyentuh wajah dengan sarung tangan kotor," kisahnya.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com