Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Negara-negara Lain Lawan Virus Corona, dan Sukses Dilakukan

Kompas.com - 03/03/2020, 18:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Merebaknya wabah virus corona bukan berarti tak bisa dihentikan. Enam negara ini contohnya, yang sukses menurunkan angka jumlah infeksi dan kasus kematian.

Langkah-langkah ini diperintahkan pemerintah setempat, dan dengan kekompakan warganya untuk mematuhi serta menjalankan instruksi, maka virus corona Covid-19 pun bisa dilawan.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang strategi dari China, Korea Selatan, Italia, Iran, Vietnam, dan Amerika Serikat (AS) untuk melawan virus corona.

Sebagai catatan, penangguhan penerbangan tidak dimasukkan dalam daftar strategi ini karena sudah menjadi instruksi dasar semua negara.

1. China

Sebagai negara pertama yang terjangkit virus corona, China bergerak cepat melakukan langkah-langkah preventif.

Dimulai dari pembuatan 16 rumah sakit darurat di Wuhan, pemerintah China juga meminta warganya untuk kembali ke Beijing dan mengarantina diri mereka sendiri selama 14 hari.

Para pegawai pun diinstruksikan bekerja dari kediaman masing-masing.

Selain itu, pemerintah Negeri "Panda" langsung menutup kota Wuhan di Provinsi Hubei, sebagai tempat pertama penyebaran virus corona.

"Semua karena kecepatan. Semakin cepat Anda menemukan kasusnya, mengisolasi pasiennya, merunut dengan siapa pasien itu berkontak, akan lebih cepat penanganannya,"kata ahli epidemiologi, Bruce Aylward.

Kesuksesan strategi China ini ditandai dengan jumlah kasus infeksi yang terus menurun dalam tiga pekan terakhir.

Selasa ini Pemerintah China melaporkan 125 kasus baru virus corona, yang menjadi laporan harian terendah dalam enam pekan terakhir.

Kemudian satu dari 16 rumah sakit darurat yang dibangun di Wuhan, China, ditutup usai menurunnya jumlah kasus infeksi virus corona di kota tersebut.

Kabar ini disiarkan oleh stasiun televisi pemerintah, CCTV, pada Senin (2/3/2020).

Rumah sakit itu ditutup setelah memulangkan pasien terakhir yang pulih dari Covid-19.

Baca juga: Dilema Warga Wuhan: Mau Makan, tapi Makanan Sudah Busuk

2. Korea Selatan

Negeri "Ginseng" jadi negara dengan jumlah kasus infeksi terbanyak di luar China. Sampai Selasa (3/3/2020) sebanyak 5.168 kasus ditemukan dan 28 orang kehilangan nyawa.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com