Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Menuju Nol Sampah dari Pressed Juice Lokal Tanah Air

Kompas.com - 26/05/2023, 15:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -PT Sewu Segar Primatama melalui merek dagang Re.juve dengan True Cold-Pressed Juice, memasuki usia sembilan tahun yang jatuh pada Jumat (19/5/2023). 

"Memasuki usia sembilan tahun, kami terus berkomitmen memberikan yang terbaik untuk banyak orang melalui produk-produk makanan dan minuman yang tidak hanya lezat, namun juga sehat dan jujur," kata CEO & President Director Re.juve, Richard Anthony dikutip dari siaran pers, Selasa (23/5/2023). 

Richard Anthony menjelaskan Re.juve berupaya berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan melalui tiga (3) pilar yaitu #GOODforYou, #GOODforSociety, #GOODforEarth.

Baca juga:

Melalui #GOODforEarth, Re.juve disebutkan berkomitmen menjaga bumi dengan berusaha tidak menambah sampah plastik. 

Sejak 2019, Re.juve mengajak konsumen untuk mengadakan kampanye Bring Back Your Empty Re.juve atau mengembalikan botel bekas Re.juve ke gerai terdekat, agar dapat disalunkan ke bank sampah lokal. Botol ini didaur ulang menjadi benda bernilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. 

Selanjutnya Re.juve pada 2020 serentak mengganti semua kemasan botol plastik PET menjadi 100 persen botol Recycled-PET (rPET) berstandar food grade, yang juga dapat didaur ulang kembali menjadi benda-benda bernilai ekonomi.

Re.juve mengklaim sejak awal 2020 hingga saat ini berhasil mencegah 280 ton sampah plastik tambahan yang berujung ke Tempat Pembuangan Akhir. Jumlah ini sama dengan sekitar 17,5 juta buah botol air minum dalam kemasan. 

Baca juga:

"Misi kami untuk Menuju 0 Sampah (Towards Zero Waste). Salah satunya adalah untuk pengurangan sampah plastik yang memang memiliki tingkat urgensi tinggi, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia," kata Richard. 

Ia berharap Re.juve dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan kebijakan pemerintah dalam mengatasi sampah plastik, di antaranya seperti regulasi yang mewajibkan penggunaan recylcled plastic (rPET), serta semakin banyaknya fasilitas pengolahan sampah plastik yang memadai.

Baca juga: Tips Zero Waste Cooking, Hemat Uang Belanja dan Baik Bagi Lingkungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com