Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Masak Tiwul agar Tahan Lama dan Empuk, Kukus 10-20 Menit

Kompas.com - 06/05/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Tiwul biasa dihidangkan di pagi hari untuk sarapan. Tiwul biasa dihidangkan sebagai pengganti nasi yang juga menjadi sumber karbohidrat.

Bahan dasar tiwul dari singkong yang dikeringkan menjadi gaplek kemudian diolah kembali menjadi tiwul bercita rasa manis.

Dilansir dari beberapa sumber, ada cara membuat tiwul yang empuk dan lembuk. Selain itu, ada penjelasan seputar tips membuatnya agar tahan lama untuk dihidangkan kapan saja di rumah.

Baca juga:

1. Pakai singkong yang bagus

Gunakan singkong dengan kualitas yang bagus agar tiwul tahan lama.

Dilansir dari laman artikel Kompas.com yang tayang pada Selasa (30/11/2021), "Singkongnya ya milih juga. Kalau yang jenisnya apa kalau saya enggak pengaruh, yang pasti singkongnya harus bagus," tutur Lambang pemilik usaha Thiwul Manis Pak Lambang.

2. Keringkan adonan dengan benar

Tips membuat tiwul tahan lama ada pada pengeringan gapleknya. Pastikan gaplek yang akan diolah menjadi tiwul dalam keadaan benar-benar kering.

3. Lakukan penjemuran dua kali

Lambang menyarankan untuk melakukan penjemuran gaplek dua kali. Pertama saat gaplek masih dalam bentuk irisan singkong, kedua setelah giling.

4. Penjemuran dilakukan beberapa hari

Lakukan proses jemur gaplek selama lima sampai tujuh hari tergantung cuaca. Menurut Lambang, penting untuk memerhatikan proses olah gaplek akan tekstur tiwul enak.

5. Olah menjadi tiwul

Gaplek dihaluskan kemudian diolah dengan lama waktu sekitar 10-15 menit.

"Terus cara masaknya kalau yang kasar itu, kalau orang dulu diinteri. Istilahnya apa ya, yang pakai tampah itu biar agak kasar, terus itu dijemur lagi," ujarnya.

6. Tips kukus tiwul kering

Kamu bisa kukus selama tiwul kering atau instan selama 10-20 menit. Intip tingkat kematangan dari tiwul untuk melihat apakah tiwul sudah matang atau tidak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com