Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Daging Wagyu Kobe Mahal? Tantangan Grand Final MasterChef

Kompas.com - 26/03/2023, 08:04 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ami dan Gio, peserta grand final MasterChef Indonesia season 10 harus mengolah Japanese Kobe Wagyu Kagoshima Striploin A5 dalam episode Sabtu (25/3/2023).

Jenis daging ini sangat premium dan dijual dengan harga tinggi. Menurut pantauan Kompas.com di e-commerce, harga daging wagyu kobe menyentuh angka Rp 3 jutaan per kilogram.

Dikutip dari Live Japan, kobe merupakan jenis daging wagyu yang berasal dari sapi hitam di Prefektur Hyogo.

Sama halnya dengan jenis wagyu lain, kobe memiliki marbling yang bagus, cita rasanya enak, dan teksturnya lembut.

Karakteristik daging wagyu kobe tersebut didapatkan dari perawatan khusus selama sapi diternak. Ini merupakan salah satu penyebab harga daging wagyu kobe mahal.

Dilansir dari Fine Dining Lovers, sapi di Jepang umumnya dipelihara oleh peternak sampai berumur 10 bulan sebelum dijual ke peternakan besar.

Baca juga:

Food - Ilustrasi Japanese Kobe Wagyu Kagoshima Striploin A5.SHUTTERSTOCK/AIVRAD Food - Ilustrasi Japanese Kobe Wagyu Kagoshima Striploin A5.

Selama diternak di tempat asalnya, sapi diberi pakai campuran serat berenergi tinggi. Biasanya terbuat dari beras, gandum, dan jerami untuk menghasilkan 50 persen lemak.

Kebutuhan pakan sapi kobe disebut mahal sehingga membuat harga jual daging sapi potongnya juga tidak murah.

Daging sapi kobe juga dihasilkan dari sapi premium berupa sapi jantan yang sudah dikebiri, jadi tidak sembarang sapi potong.

Chef Juna Rorimpandey menuturkan, perawatan spesial sapi dan seleksi ketat sapi kobe membuat permintaannya kian meninggi.

Jenis daging wagyu kobe banyak dipakai oleh koki di dunia. Terlepas dari tekstur dan cita rasanya, daging ini juga mudah dan cepat diolah.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com