Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Ubi Jalar, Salah Satunya Dapat Mencegah Flu

Kompas.com - 23/03/2023, 07:03 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Ubi jalar salah satu bahan umbi-umbian yang sering digunakan untuk bahan membuat kue, masakan, bahkan minuman.

Ubi jalar mudah ditemukan di pasar tradisional atau swalayan bagian sayur dan buah. Olahan ubi beragam salah satunya kolak dan roti.

Ubi jalar aman dikonsumsi dalam takaran yang pas karena mengandung vitamin C, D, potassium dan antioksidan baik bagi kesehatan tubuh.

Simak manfaat ubi jalar berikut ini, dikutip dari majalah "SajianKu VOL 6/I/2013" (2013) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada.

Baca juga:

1. Tingkatkan antioksidan

Tingkat radikal bebas yang tinggi di kota besar bisa dilawan dengan banyak mengonsumsi makanan sehat, salah satunya ubi rebus.

Angka ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) atau total antioksidan setiap 100 gram ubi rebus dengan kulitnya mencapai angka 1680. Lebih tinggi dibanding wortel di angka 317.

2. Mengontrol tekanan darah

Kandungan potassium dalam ubi rebus rupanya dua kali lebih tinggi dibanding buah pisang. Potassium merupakan mineral yang berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah.

Jangan lupa, rebus ubi langsung dengan kulitnya karena mengupas ubi sebelum direbus bisa menurunkan kandungan potassiumnya hingga 75 persen.

3. Turunkan perkembangan sel kanker

Ubi juga mengandung betakaroten yang tinggi. Ubi ungu memiliki betakaroten lebih tinggi dibanding ubi berwarna lebih muda.

Kandungan ini bisa bantu mengontrol perkembangan sel kanker. Betakaroten juga membantu tingkatkan imunitas tubuh dan fungsi indera penglihatan.

4. Mencegah flu

Ubi merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin ini bisa menjauhkan tubuh dari virus flu dan demam, serta baik untuk kesehatan tulang, gigi, pencernaan, juga pembentukan sel darah.

Vitamin C mampu menjaga elastisitas kulit dan menurunkan tingkat stress. Ubi memiliki kandungan vitamin D yang menunjang kesehatan jantung, tulang, kulit, juga gigi.

Majalah "SajianKu VOL 6/I/2013" (2013) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com