Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Survei Cookpad: 1 dari 3 Pengguna Tertarik Masak Sehat Saat Ramadhan

Kompas.com - 13/03/2023, 16:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com - Hasil survei online terhadap 611 pengguna aktif Cookpad di Indonesia dengan rentang usia terbanyak antara 25-49 tahun, menyatakan satu dari tiga pengguna tertarik mencoba resep makanan sehat pada Ramadhan 2023. 

Survei yang diselenggarakan pada Februari 2023 ini juga menunjukkan responden ingin menghindari resep bersantan (44 persen) dan gorengan (39 persen).

Di sisi lain, data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menunjukkan bahwa 28 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi gula, garam, lemak (GGL) melebih batas yang dianjurkan. 

Selain itu konsumsi terlalu banyak pemanis buatan akan membuat berat badan melonjak meskipun sedang berpuasa. 

Baca juga:

Kadar garam yang tinggi juga dapat menimbulkan potensi dehidrasi, dan makanan yang tinggi lemak jenuh akan memicu berbagai gangguan kesehatan.

Antusias responden untuk memilih memasak di bulan ramadan tahun ini pun cukup tinggi mencapai 63 persen untuk masak setiap hari.

Ilustrasi makanan sehat Freepik/jcomp Ilustrasi makanan sehat

“Hal ini sejalan dengan misi Cookpad untuk memilih memasak sebagai kunci hidup yang lebih sehat dan bahagia,” kata CEO Cookpad Indonesia Soegianto dikutip dari siaran pers, Jumat (24/3/2023).

Ramadan erat kaitannya dengan tradisi kuliner yang diwariskan secara turun-temurun.

“Memasak adalah momen kehangatan keluarga. Selain menyehatkan, #PilihMasak juga menciptakan kedekatan emosional di antara anggota keluarga,” ujar Soegianto.

Cookpad Indonesia merilis empat seri Ramadan Cookbooks sebagai inspirasi. Buku masak digital tersebut terdiri dari Cookbook Takjil Sabang Merauke, Cookbook Buka Puasa, Cookbook Sahur, dan Cookbook Lebaran.

Selain itu, Cookpad Indonesia juga akan mengadakan rangkaian acara seperti tantangan membuat takjil unik, kelas membuat hamper Ramadhan, dan juga kelas mengenalkan puasa kepada si kecil bersama pakar anak. Agenda ini dapat diikuti di media sosial CookpadID. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com