Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Usaha Nasi Cumi Hitam yang Hadirkan Menu Cumi Telur Spesial di Malang

Kompas.com - 09/03/2023, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu termasuk pencinta olahan seafood terutama cumi? Ada menu olahan cumi enak yang bisa kamu coba di Malang, Jawa Timur.

Itu adalah cumi hitam spesial dengan pilihan menu cumi telur dengan kondimen lauk yang meriah. Menu tersebut bisa kamu coba di Nasi Cumi Hitam Pak Kris yang juga buka cabang hingga ke Jakarta. 

Mengulik lebih jauh seputar usaha tempat makan cumi hitam yang sudah ada sejak tahun 2016 berikut ini. 

Baca juga:

Perjalanan buka usaha cumi hitam

Ilustrasi menu cumi hitam di Nasi Cumi Pak Kris, Malang, Jawa Timur.DOK.FACEBOOK/NASI CUMI PAK KRIS Ilustrasi menu cumi hitam di Nasi Cumi Pak Kris, Malang, Jawa Timur.

Dihubungi oleh Kompas.com, Pak Kris pemilik dari tempat makan cumi hitam ini berbagi kisahnya saat membuka usaha di tahun 2016. 

Berangkat dari usaha pre order menu masakan nasi cumi hitam yang biasa menjadi masakan rumahan di Madura di tahun 2015. Usahanya kian maju dan dikenal hingga akhirnya Pak Kris memberanikan diri untuk membuka tempat makan di Malang pada tahun 2016.

"Jadi awalnya itu memang buka PO dulu, trus banyak yang beli dan dikenal orang, akhirnya buka warung di tahun 2016 dan bisa survive hingga hari ini." ungkap Pak Kris kepada Kompas.com pada Selasa (07/03/2023).

Selama kurang lebih tujuh tahun, Pak Kris bisa mempertahankan usaha nasi cumi hingga hari ini salah satunya, ada pada ciri khas setiap menu yang ditawarkan.

Pak Kris menjelaskan, jika salah satu menu populer yang juga menjadi andalan adalah cumi telur.

"Jadi bisa dibilang mungkin kita satu-satunya ya yang jual menu olahan cumi yang isinya itu telur cumi. Tapi telur cumi itu kita sortir dan itu nggak sembarangan ya." jelasnya.

Dalam penuturannya, dalam satu hari Pak Kris bisa memasak sekitar 150 kilogram cumi. Dari jumlah tersebut, ia menyortir kembali mana cumi yang bertelur.

"Kalau misal dari jumlah itu, ada yang hamil ya nanti kita jahit trus dihidangkan jadi menu cumi telor. Tapi itu, tidak boleh asal, kita pun kadang juga nggak dapat." ungkapnya.

"Jadi kalau misalnya dari 150 kilogram yang biasa sekitar 5000 ekor tidak ada satupun cumi yang bertelor. Ya mau nggak mau kita nggak jual." imbuh Pak Kris.

Menurutnya, menu cumi telur ini menjadi salah satu menu premium dan spesial yang banyak dicari. Namun, jika persediaan cumi telur sedang kosong, maka menu tersebut tidak bisa dihidangkan.

Selain pada menu cumi telur, pak Kris juga menambahkan jika cita rasa menu cumi hitam pada warung makannya terletak pada tektur cuminya yang tidak alot, tinta cumi yang hitam, creamy dan tidak kering.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com