Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Kulit Mak Judes, Habiskan 100 Kilogram Kulit Ayam Setiap Hari

Kompas.com - 28/01/2023, 18:08 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sesuai namanya, Nasi Kulit Mak Judes menawarkan aneka nasi dan lauk lengkap dengan kulit ayam krispi.

Nasi, kulit ayam krispi, lalapan, dan sambal, dipadukan dengan tahu, tempe, telur dadar, jamur goreng, terong goreng, ayam goreng, ikan dori, ayam bali, dan paru goreng.

Pelanggan juga bisa mencoba paduan nasi kulit dengan cakalang rica, cumi asin, hingga empal goreng di sini. Total ada 15 menu yang terdapat di Nasi Kulit Mak Judes.

"Bisa dicampur juga. Kalau pelanggan suka nasi kulit dengan ayam goreng dan tahu tempe, bisa kombo seperti itu," kata David Adi Hutama Sutanto, pemilik Nasi Kulit Mak Judes.

Sambal merah dan sambal hijaunya juga menjadi andalan Nasi Kulit Mak Judes, menawarkan aroma dan rasa sambal yang cocok disantap bersama nasi kulit ayam. 

Harga seporsi Nasi Kulit Mak Judes berkisar Rp 16.500 hingga Rp 31.000. Ada juga pilihan ekstra lauk yang dijual seharga Rp 4.000 hingga Rp 12.000.

Olah satu kuintal kulit ayam setiap hari

Terdapat di semua menunya, kulit ayam krispi menjadi makanan andalan di Nasi Kulit Mak Judes.

Total kulit ayam yang digunakan juga tidak tanggung-tanggung. David mengatakan, usaha warung nasinya bisa menghabiskan 100 kilogram kulit ayam per hari.

"Setiap hari bisa sekitar satu kuintal sampai kalau dulu tuh 150 kilogram per harinya," kata David.

Kulit ayam segar yang digunakannya didapat langsung dari pemasok yang datang setiap hari dan langsung diolah di dapur utama.

Baca juga:

Hadir di Jabodetabek dan Semarang

Nasi Kulit Mak Judes pertama kali hadir di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tepatnya di Jalan Raya Kelapa Hibrida, Blok QG 10 Nomor 1A.

David membuka warung nasi ini pada 2019 lalu. Sebelumnya, ia sudah memulai bisnis makanan dengan menjual pisang goreng di Bekasi.

"Walaupun terkenal ramai jualan pisang gorengnya, tetapi selalu kalah dengan yang jual bakso cuanki waktu itu. Jadi, saya berpikir bahwa orang-orang lebih tertarik membeli makanan berat daripada camilan," ungkap David.

Bersama sang kekasih yang kini sudah menjadi istri, Meidiana Margaretha Budiman, David kemudian langsung merintis usaha nasi kulit ayam dengan modal seadanya.

"Akhirnya kami coba nasi kulit disajikan sama banyak makanan Indonesia,jadi gak bosen dimakan," tutur dia saat ditemui Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Tak membutuhkan waktu lama untuk berkembang, gerai Nasi Kulit Mak Judes bertambah menjadi empat pada Maret 2020. Hingga kini, Nasi Kulit Mak Judes sudah memiliki 22 gerai di Jabodetabek dan Semarang.

Lokasi Nasi Kulit Mak Judes di antaranya berada di Tanah Abang, Sunter Jaya, Serpong, Mangga Besar, Pondok Bambu, BSD, Depok, Pluit, SCBD, dan Brumbungan Semarang.

Semua warung Nasi Kulit Mak Judes buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB, kecuali cabang Kelapa Hibrida yang buka online selama 24 jam.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com