Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Bikin Okonomiyaki Otentik Osaka ala Restoran Legendaris di Jepang

Kompas.com - 28/01/2023, 14:07 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

OSAKA, KOMPAS.com - Okonomiyaki adalah makanan khas Jepang dengan bahan dasar yaitu tepung, telur, dan kubis.

"Okonomi artinya bahan makanan apa saja sesuka kamu, yaki berarti dipanggang," jelas Kepala Restoran Osaka Botejyu Tsunematsu Masami kepada Kompas.com pada Sabtu (21/1/2023).

Osaka Botejyu merupakan restoran legendaris di Jepang yang sudah berdiri sejak 1953. Restoran yang saya datangi berlokasi di 3 Chome-7-20 Nanba, Chuo Ward, Osaka, Jepang.

Baca juga:

Membuat okonomiyaki bersama sang master

Peralatan membuat okonomiyaki di Restoran Osaka Botejyu, Jepang, Sabtu (21/1/2023).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Peralatan membuat okonomiyaki di Restoran Osaka Botejyu, Jepang, Sabtu (21/1/2023).

Saya berkesempatan belajar membuat okonomiyaki di Restoran Osaka Botejyu dengan didampingi oleh Tsunematsu Masami yang telah berkiprah membuat okonomiyaki selama 45 tahun.

Tiba di restoran lantai dua, terdapat meja yang dilengkapi dengan teppan yaitu lempengan besi untuk memanggang okonomiyaki. Satu meja diperuntukkan empat orang.

Di atas meja tersedia tepung, satu mangkuk besar kubis cincang, telur, dan dashi ikan atau kaldu ikan.

Tepung okonomiyaki di Restoran Osaka Botejyu menggunakan terigu dan tepung ubi talas. Penggunaan tepung ubi talas akan membuat adonan okonomiyaki lebih halus.

Bahan pelengkap okonomiyaki yaitu irisan cumi-cumi, udang, tenkatsu (remahan tepung goreng), dan beni shoga (acar jahe merah), katsuobushi (ikan cakalang fermentasi kering), dan saus khas okonomiyaki.

Peralatan yang disediakan yaitu timbangan, mangkuk besi besar, mangkuk besi kecil, pengocok adonan, dua spatula besi besar untuk memanggang okonomiyaki, dan satu spatula besi kecil untuk menyantap okonomiyaki.

Sebelum membuat okonomiyaki, gunakan apron plastik agar bahan okonomiyaki tidak mengenai baju.

Baca juga:

Cara membuat okonomiyaki khas Osaka

Tepung okonomiyaki di Restoran Osaka Botejyu adalah campuran terigu dan tepung talas, Sabtu (21/1/2023).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Tepung okonomiyaki di Restoran Osaka Botejyu adalah campuran terigu dan tepung talas, Sabtu (21/1/2023).

Tsunematsu membimbing saya untuk menimbang satu per satu bahan sesuai dengan resep okonomiyaki ala Restoran Osaka Botejyu.

Langkah pertama yaitu tuangkan tepung dan kaldu ke dalam mangkuk besi besar, kemudian aduk sampai tercampur rata.

Campuran tepung basah kemudian dituang ke dalam satu per satu mangkuk besi kecil. Masing-masing 400 gram tepung atau sekitar dua sendok sayur besar.

Bahan pelengkap pun dimasukkan mulai dari 120 gram kubis, satu butir telur, satu dua sendok teh tenkatsu, dan satu sendok teh beni shoga. Setelah itu, semua bahan dicampur dengan cepat.

Bahan okonomiyaki siap untuk dicampur, Sabtu (21/1/2023).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Bahan okonomiyaki siap untuk dicampur, Sabtu (21/1/2023).

Saya pikir mengaduk adonan okonomiyaki mudah tetapi rupanya cukup bikin lengan agak pegal.

Pasalnya, saya harus memastikan adonan tercampur rata tetapi tidak sampai bergelembung. Konsistensi adonan setelah dicampur menjadi kental.

Tsunematsu mencontohkan mengaduk adonan okonomiyaki yang tepat yaitu dengan teknik melipat adonan.

Apabila adonan susah dicampur, Tsunematsu menyarankan untuk menambahkan sedikit kaldu lagi.

Sementara saya mengaduk adonan okonomiyaki, Tsunematsu mulai memanaskan teppan.

Adonan okonomiyaki siap untuk dipanggang, Sabtu (2/11/2023).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Adonan okonomiyaki siap untuk dipanggang, Sabtu (2/11/2023).

Selanjutnya, saya menuang 2/3 adonan okonomiyaki ke bagian tengah teppan. Beri irisan cumi dan udang di atasnya.

Bagian ekor udang diletakkan tidak tepat di atas adonan melainkan mencuat keluar.

Masak okonomiyaki sampai bagian bawahnya agak kecoklatan. Setelah itu, tuangkan 1/3 bagian adonan okonomiyaki sampai menutup cumi dan udang. Masak kembali okonomiyaki sampai bagian bawahnya kecoklatan.

Proses memanggang okonomiyaki, bagian ekor udang diletakkan mencuat, Sabtu (21/1/2023).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Proses memanggang okonomiyaki, bagian ekor udang diletakkan mencuat, Sabtu (21/1/2023).

Bagian selanjutnya adalah penentu apakah okonomiyaki buatan saya berhasil yaitu membalik okonomiyaki menggunakan dua spatula besi besar.

Saya sampai harus berdiri untuk memastikan okonomiyaki saya tidak berantakan.

Tips membalik okonomiyaki dari Tsunematsu adalah memegang spatula besi sampai keduanya bertemu baru dibalik ke arah belakang.

Proses memanggang okonomiyaki setelah semua adonan dituang, Sabtu (21/1/2023).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Proses memanggang okonomiyaki setelah semua adonan dituang, Sabtu (21/1/2023).

Setelah saya berhasil membalik okonomiyaki, secara reflek saya menekan adonan.

Rupanya hal itu sebaiknya tidak dilakukan karena menekan okonomiyaki dapat membuat teksturnya padat.

Sementara, hasil okonomiyaki yang diharapkan adalah mengembang dan fluffly.

Menunggu okonomiyaki matang, Sabtu (21/1/2023).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Menunggu okonomiyaki matang, Sabtu (21/1/2023).

Setelah kedua sisi okonomiyaki kecoklatan, api teppan dikecilkan. Beri okonomiyaki dengan mayones dan saus okonomiyaki lalu taburi dengan katsuobushi.

Potong okonomiyaki menjadi empat bagian menggunakan spatula besi kecil. Pindahkan bagian yang mau dimakan ke atas mangkuk, santap menggunakan sumpit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com