Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kue Mangkok Tape Jadul, Kukus 15 Menit

Kompas.com - 24/01/2023, 09:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Tape singkong bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar membuat kue mangkok. Pada resep kue mangkok ini, kamu hanya perlu mengukus adonannya selama 15 menit hingga matang. 

Gunakan tape singkong segar yang sudah lembek agar hasilnya mengembang sempurna. Selain itu, tuang adonan kue mangkok tape sampai memenuhi cetakan agar bisa mekar merekah. 

Selengkapnya, simak resep kue mangkok tape dari buku "Betty's Bake - 55 Resep Cookies, Cake Kue Dan Roti Hits Di Instagram" (2023) oleh Betty Cenn terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, bikin 10 buah kue. 

Baca juga:

Resep kue mangkok tape

Bahan 

  • 100 gram tape yang masih fresh 
  • 170 gram tepung beras 
  • 40 gram tepung protein rendah 
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdt ragi instan 
  • 290 gram suhu ruang 
  • Pewarna makanan pink atau warna lain

Bahan A 

  • 1/2 sdt baking powder double acting
  • Siapkan cetakan kue mangkok, tidak usah dioles apapun

Cara membuat kue mangkok tape

  1. Siapkan dan haluskan tape dengan sedikit air. Gunakan blender atau chopper. Campurkan dengan tepung beras, terigu, gula, ragi, tape singkong. Aduk rata dengan whish sampai halus. 
  2. Diamkan adonan selama 30 menit. Setelah 30 menit, aduk rata sampai buihnya hilang. Tambahkan bahan A, aduk dan saring. Aduk kembali sampai adonan tidak berbuih. Tuang ke cetakan sampai penuh. 
  3. Panaskan kukusan sampai beruap banyak. Kukus kue selama 15 menit dengan api besar. Setelah matang, diamkan sebentar dan keluarkan dari cetakan. 

Buku "Betty's Bake - 55 Resep Cookies, Cake Kue Dan Roti Hits Di Instagram" (2023) oleh Betty Cenn terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com