Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Masak Cumi Asin agar Tidak Amis dan Tidak Terlalu Asin

Kompas.com - 23/01/2023, 18:07 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jenis cumi asin terbilang mudah ditemui di pasaran. Aneka masakan rumahan juga bisa dibuat menggunakan seafood ini.

Memasak cumi asin harus tepat. Jika tidak, amisnya akan mengganggu aroma hidangan. Rasa asinnya pun cukup menyengat bila tidak dimasak dengan benar.

Sebelum mengolahnya, simak tiga cara memasak cumi asin agar tidak amis dan nikmat, saran dari David Adi Hutama Sutanto, pemilik Nasi Kulit Mak Judes, berikut ini.

1. Buang bagian kepala cumi

Ukuran cumi asin umumnya tidak begitu besar sehingga agak sulit untuk membersihkannya.

David menyarankan untuk memotong bagian kepala cumi asin agar lebih mudah dibersihkan.

Pegang cumi asin utuh, potong bagian kepalanya dan buang. Gunakan bagian tubuh cumi untuk memasak. Kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian atau membiarkan ini utuh.

Baca juga:

2. Rebus dengan daun jeruk

Merebus merupakan langkah penting saat memasak cumi asin. Cara ini bisa mengurangi amis dan asin cumi yang terasa menyengat di lidah.

"Direbus dulu untuk membuang amis dan sisa kotorannya. Habis itu disaring, membuang kotorannya," ujar David saat ditemui Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

3. Goreng cumi sebentar

Sajian terong raos cumi asin buatan Foodplace.DOK.KOMPAS.COM/MIFTAHUL RIZKY Sajian terong raos cumi asin buatan Foodplace.

Jangan lama-lama memasak cumi asin agar tidak alot dan terasa nikmat saat disantap.

Menurut David, cumi asin yang sudah direbus cukup digoreng setengah matang, lalu dicampur bumbu masakan dan lanjut dimasak kembali.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com