Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Daechang Khas Korea, Sajian Usus Sapi Viral di Medsos

Kompas.com - 19/01/2023, 16:37 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Daechang merupakan sebutan untuk usus sapi besar di Korea Selatan. Belakangan ini, olahan daechang barbekyu ramai di media sosial.

Kebanyakan konten makan daechang yang viral merupakan video mukbang. Sedikit yang memperlihatkan kebiasan orang Korea saat makan daechang.

Park Seung Chan, head chef sekaligus direktur utama Chanchan Korean BBQ, mengatakan, masyarakat Korea Selatan memiliki kebiasaan menyantap daechang pada malam hari.

"Misalnya pas pulang kerja, makan dulu sama rekan kerja sambil dijadikan teman minum gitu," kata Chan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Pelengkap makan daechang yang dimaksud adalah soju, minuman beralkohol di Korea Selatan.

Restoran barbekyu di Korea Selatan biasa menyuguhkan daechang, nasi, dan soju dengan kisaran harga normal, tidak terlalu mahal, menurut Chan. 

"Biasanya orang Korea sukanya setelah makan daechang, di panggangannya ada minyak dari ususnya itu, dipakai untuk memasak nasi goreng, jadi terasa aroma dari lemaknya," jelas dia.

Baca juga:

Daechang tidak harus mengembang besar 

Olahan daechang atau usus sapi korea di Chanchan Korean BBQ. DOK. Chanchan Korean BBQ/Park Seung Chan Olahan daechang atau usus sapi korea di Chanchan Korean BBQ.

Video makan daechang rata-rata menampilkan olahan jeroan ini dalam bentuk mengembang besar dan bertekstur lembut.

Menurut Chan, olahan daechang barbekyu umumnya tidak selalu mengembang seperti itu.

Selain ukuran ususnya yang sangat besar, daechang barbekyu yang terlihat mengembang juga sebenarnya disebabkan oleh kandungan lemak.

"Biasanya biar gambar daechang-nya bagus, lemaknya sengaja dimasukkan, padahal itu harus dibersihkan dan dibuang sebelum masak," tutur Chan.

Sebab menurut Chan, secara normal usus akan menciut setelah dimasak. Ukurannya tidak akan sama besar ketika masih mentah.

"Jadi, misalnya ada 100 persen lemak, saya biasanya menyisakan 30 persen lemaknya. Kalau mau ambil gambar daechang gak dibuang lemaknya biar terlihat besar," kata dia.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com